Tingkatkan Perekonomian, Desa Tukadmungga Bangun Pasar Desa

Singaraja (Penabali.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Tukadmungga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, secara resmi meresmikan Pasar Desa Happy pada Kamis (6/6) lalu. Pasar ini merupakan hasil pembangunan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dharma Utsaha, dengan tujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Pasar Desa Happy ini didirikan secara mandiri oleh BUMDes Dharma Utsaha, menggunakan keuntungan dari usaha pengelolaan sampah dan simpan pinjam yang telah berjalan sebelumnya. Pasar ini dibangun di lahan seluas 4,5 are yang disewakan oleh pemiliknya. Namun, untuk membangun bangunan pasar, BUMDes mengeluarkan modal sebesar Rp 250 juta.

Perbekel Tukadmungga, Kadek Surya Darmawan, menjelaskan bahwa pembangunan pasar ini dilakukan karena mayoritas dari 1.300 Kepala Keluarga (KK) masyarakatnya melakukan transaksi di luar desa. Hal ini dianggap sebagai salah satu faktor yang memperlambat pertumbuhan ekonomi desa tersebut.”Kebanyakan masyarakat kami melakukan pembelanjaan di luar desa. Pasar lama yang kami miliki terletak di gang-gang kecil sehingga kurang strategis, membuat masyarakat enggan untuk berbelanja di sana, sehingga pasar tersebut sepi. Dengan adanya pembangunan pasar baru ini, kami berharap agar perputaran ekonomi di desa dapat meningkat,”terang Surya.

Menurutnya, keberadaan pasar ini memiliki kapasitas untuk 36 lapak dan 10 kios. Mereka nantinya akan menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari.Selain itu, sore hari hingga malam hari juga akan ada pasar senggol. Ini tentunya akan berdampak pada roda perekonomian yang ada di Desa. Pasar ini akan dikelola oleh BUMDes, dengan pedagang hanya dikenakan biaya sewa sebesar Rp 400 ribu untuk 5 tahun dan retribusi harian sebesar Rp 5.000 per pedagang. “Dengan demikian, kami berharap agar perekonomian di desa kami dapat berkembang dengan baik,”tambahnya.

Direktur BUMDes Dharma Utsaha, Putu Buda Darma Laksana, menyatakan bahwa pembangunan dan pengelolaan pasar tersebut telah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Tukadmungga, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. BUMDes yang berada di bawah naungan Pemdes tidak memberlakukan retribusi yang terlalu tinggi, namun tetap memastikan tidak menimbulkan kerugian bagi BUMDes.

“Kami sebagai pengelola akan menjalankan aturan dan arahan dari Perbekel, LPM, dan juga BPD,”tandasnya. (ika)