10 Program Pokok PKK Selaras Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali

10 Program Pokok PKK Selaras Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Ny. Putri Suastini Koster: Aplikasikan Gerakan PKK Setiap Hari

 

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menegaskan 10 Program Pokok PKK selaras dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia.

Dijelaskan, 10 program pokok PKK disebutkan tentang pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman bermanfaat seperti sayuran, ubi-ubian, buah-buahan dan bumbu-bumbuan. Pekarangan rumah yang ada hendaknya ditata sedemikian rupa sehingga tidak hanya indah namun bisa dimanfaatkan bagi kebutuhan keluarga.

“Pekarangan itu tidak harus hanya diisi tanaman bunga, bisa tanaman obat obatan, bumbu dapur. Jadikanlah pekarangan itu indah dengan tanaman bermanfaat,“ ujar Ny. Putri Suastini Koster saat acara Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan dan Lomba Lomba HKG dan Jambore PKK Tingkat Provinsi Bali di Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Kamis (6/12).

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster.

Ny. Putri Suastini Koster juga berharap, agar keasrian dan pemanfaatan pekarangan rumah tidak hanya dilakukan pada saat perlombaan saja, namun dapat diaplikasikan sehari-hari di setiap pekarangan rumah warga. Kedepannya sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman bermanfaat akan terus digalakkan sehingga tidak hanya pekarangan yang asri lingkungan alam sekitar juga akan terjaga kelestariannya.

Ada 4 katagori dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan diantaranya Lomba Pelaksana Terbaik Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, Lomba Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pelaksana Terbaik Posyandu dan Lomba Pelaksana Terbaik Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga. Disamping itu juga diperlombakan, lomba terbaik tertib administrasi, lomba pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan remaja (PAAR) dengan penuh cinta dan kasih saying dalam keluarga, lomba pelaksana terbaik usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K-PKK), lomba pelaksana terbaik pemanfaatan halaman asri teratus indah dan nyaman (HATINYA PKK) serta lomba Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA Test).

Dalam kesempatan yang sama, Ny. Putri Suastini Koster memberikan bantuan kepada lansia Aminah Darmika (83) yang tinggal seorang diri di gubuknya yang sederhana, serta meninjau tempat perlombaan HATINYA PKK di Kampung Sindu Punia, Desa Sinduwati, Sidemen, Karangasem. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *