3.000 Pelari Ikuti Udayana Run 5K dan 10K

3.000 Pelari Ikuti Udayana Run 5K dan 10K

Foto: Ribuan pelari Udayana Run yang dilepas Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

(Pendam IX/Udayana). Gubernur Bali Wayan Koster, mengibaskan bendera start sebagai tanda melepas tiga ribu pelari dalam event yang bertajuk, “Udayana Run 5K dan 10K” di Jalan Pantai Kuta, Badung, Minggu (18/8/2019) pagi.

Udayana Run ini mengingatkan kembali memori masyarakat terhadap satu event lari yang dulu sempat dilaksanakan yaitu Bali 10K.

“Lama itu sudah tenggelam, dan sekarang muncul lagi, diinisiasi oleh Bapak Pangdam,” kata Gubernur Koster, disela acara.

Gubernur Koster juga menyatakan sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini sangatlah positif dengan tujuan menghidupkan kembali komitmen dalam membangun kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai Gubernur Bali mewakili masyarakat Bali, saya mengucapkan apresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap agar dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan oleh Bapak Pangdam. Tentu saja kedepan nanti kegiatan seperti ini juga akan disinergikan dengan instansi lainnya, tetapi leadernya adalah dari Kodam supaya betul-betul kegiatannya menjadi besar untuk mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata karena melibatkan peserta dari luar pulau Bali bahkan luar negeri,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Udayana Run digelar untuk menyemarakkan Hut ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hut ke-62 Kodam IX/ Udayana. Tujuannya untuk membudayakan hidup sehat kepada masyarakat dengan berolahraga, sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan RI yakni “SDM Unggul Indonesia Maju”.

“SDM yang unggul maka harus ditopang dengan kondisi fisik dan kesehatan yang prima,” tegas Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

Pangdam Udayana juga mengucapkan terima kasih seraya memberikan penghargaan kepada panitia, sponsor, undangan dan seluruh peserta Udayana Run yang turut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini.

“Terimakasih juga atas support dari rekan-rekan media, apa yang kita lakukan ini saya mohon untuk disuarakan, sehingga ini menjadi virus-virus positif untuk semua anak bangsa,” ujarnya

Event Udayana Run juga membawa pesan lingkungan. Terbukti setelah kegiatan berakhir, para panitia maupun peserta melaksanakan kegiatan membersihkan pantai dengan memungut dan mengumpulkan botol-botol plastik minuman bekas digunakan peserta lomba sebagai komitmen kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam memerangi sampah plastik.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Jonny Harianto G, S.I.P., disela kegiatan menjelaskan panitia menyiapkan total hadiah sebesar Rp. 200.000.000,-. Bagi 150 pelari yang finish pertama pada tiap kategori jarak (10K dan 5K) memperoleh medali, serta Juara 1 sampai Harapan 3 masing-masing kategori diberikan uang pembinaan. Panitia juga telah menyiapkan hadiah berupa 5 unit sepeda motor, 7 unit sepeda gunung dan puluhan hadiah hiburan menarik lainnya.

Pada kategori Pelajar 5K Putra, juara pertama diraih Komang Deni Gunawan dengan catatan waktu 17 menit 27,62 detik, dan sedangkan kategori pelajar Putri dimenangkan Arceling Hada dengan catatan waktu 19 menit 51,55 detik. Untuk kategori Umum 5K Putra juara pertama diraih Elisar Gamashi dengan catatan waktu 15 menit 57,12 detik dan kategori Umum Putri diperoleh Afriano Paijo dengan catatan waktu 19 menit 03, 99 detik. Sedangkan untuk Kategori TNI-Polri 5K sukses diraih Mursalim sebagai juara pertama dengan catatan waktu 167’09’09.

“Dikategori Umum 10K Putra telah ditetapkan sebagai juara pertama yakni Ridwan dengan waktu tempuh 31’42’21 dan untuk Putri diraih oleh Meri Mariana dengan waktu tempuh 37’20’00, sedangkan Asep Sappudin dengan waktu tempuh 31’55’48 berhasil menempati podium pertama pada kategori TNI-Polri 10K,” jelas Kapendam Udayana. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *