Donor Darah Hut ke-60 SOKSI, Gus Adhi: “Setetes darah untuk kemanusiaan”

Donor Darah Hut ke-60 SOKSI, Gus Adhi: “Setetes darah untuk kemanusiaan”

Foto: Kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka Hut ke-60 SOKSI yang dilaksanakan di Jero Kawan, Kerobokan, Badung, Kamis (28/05/2020).

Dalam rangkaian Hut ke-60 Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) tahun 2020, dilaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah, bertempat di Jero Kawan, Kerobokan, Badung, Rabu (28/05/2020). Bakti sosial ini diprakarsai Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.

“Donor darah ini adalah panggilan kemanusiaan sebab setetes darah kita sangat berharga untuk kemanusiaan, berharga bagi yang membutuhkan apalagi ditengah pandemi covid-19 saat ini”, kata pria yang lebih populer dipanggil Gus Adhi ini.

Gus Adhi menerangkan, bakti sosial ini melibatkan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Badung, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali, para atlet tarung drajat, kader SOKSI Bali, tenaga pendidik, dan juga masyarakat umum.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini juga diberikan edukasi tentang pentingnya melakukan donor darah secara rutin setiap 3 bulan. Selain turut membantu PMI dalam pemenuhan persediaan kantong darah bagi orang atau pasien yang membutuhkan. Donor darah juga memiliki manfaat kesehatan memperlancar metabolisme darah dalam tubuh, menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker, mendeteksi secara dini penyakit dalam tubuh, dan menjadikan tubuh menjadi lebih sehat.

Foto: Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.

“Begitu banyak manfaat donor darah, karena itu saya mengajak semuanya mari kita rutin menyumbangkan darah kita untuk kemanusiaan. Saya berkomitmen kegiatan ini akan rutin dan kontinyu kita lakukan minimal setiap tiga bulan sekali”, ujar anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar ini.

Kegiatan sosial donor darah mendapat respon positif dari para calon pendonor sukarela. Dari 75 calon pendonor, setelah melewati pemeriksaan kesehatan seperti cek tensi dan lainnya, sebanyak 22 orang tidak diijinkan untuk donor oleh petugas medis dari PMI.

“Kita bersyukur ada 53 kantong darah yang berhasil terkumpul sesuai target awal saya sekitar 50 kantong. Semoga apa yang SOKSI lakukan ini dapat memenuhi persediaan darah di PMI guna membantu mereka yang membutuhkan darah”, ucap Gus Adhi.

Disela kegiatan donor darah ini, Gus Adhi menyumbangkan 50 paket sembako kepada para tenaga pendidik.

Sementara itu salah satu staf PMI Kabupaten Badung Nova Hariawan mengungkapkan saat ini PMI mengalami kekurangan stok darah ditengah pandemi Covid-19.

“Rata-rata kebutuhan darah per hari 20 kantong dan stok kita menipis sekarang, hanya ada 30 kantong”, jelas Nova.

Dengan kondisi tersebut, Ia mengapresiasi itikad baik Gus Adhi bersama SOKSI yang ikut peduli membantu PMI dalam menyediakan kantong darah.

“Bagi pendonor sukarela maupun masyarakat lainnya yang ingin mendonorkan darah bisa datang ke kantor PMI Badung di sebelah barat RS Mangusada, Badung”, harapnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *