Fakultas Pariwisata Unud Matangkan Persiapan Akreditasi Internasional FIBAA, Target Seluruh Prodi Terakreditasi

Fakultas Pariwisata Unud Matangkan Persiapan Akreditasi Internasional FIBAA, Target Seluruh Prodi Terakreditasi

Sosialisasi persiapan Akreditasi Internasional FIBAA, bertempat di Ruang Dosen Lantai 1 Kampus Fakultas Pariwisata. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana melaksanakan sosialisasi persiapan Akreditasi Internasional FIBAA, bertempat di Ruang Dosen Lantai 1 Kampus Fakultas Pariwisata Bukit Jimbaran, Senin (21/2/2022).

Kegiatan sosialisasi dihadiri Dekan Fakultas Pariwisata, para Wakil Dekan, Kordinator Program Studi S1, S2 dan S3, Taskforce Program Studi dan Tenaga Pendidik di lingkungan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pimpinan dan tenaga pendidik Fakultas Pariwisata dalam menyiapkan Akreditasi Internasional FIBAA (The Foundation for International Business Administration Accreditation).

FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional yang melakukan penjaminan mutu dan pengembangan kualitas pendidikan tinggi yang berbasis di Bonn, Jerman. FIBAA didirikan pada tahun 2002 untuk melakukan akreditasi terhadap sekolah bisnis di dunia. FIBAA memiliki misi untuk meningkatkan nilai-nilai transparansi, kualitas dan internasional secara menyeluruh di bidang pendidikan tinggi.

Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional bahwa FIBAA termasuk Lembaga Akreditasi Internasional yang diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dekan Fakultas Pariwisata Unud, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par., menyampaikan bahwa akan melakukan tahapan akreditasi dan perbaikan prosedur sarana dan prasarana dalam mendukung akreditasi internasional program studi di Fakultas Pariwisata, serta fokus pada lima item yang menjadi perhatian antara lain, arah tujuan, visi misi, kurikulum, fasilitas dan penjamin mutu.

Dalam wawancara, Dekan mengatakan bahwa target kedepannya adalah semua program studi di Fakultas Pariwisata mendapatkan akreditasi internasional untuk membuktikan lulusan fakultas pariwisata diakui dunia.

“Target kami adalah program studi di Fakultas Pariwisata segera terakreditasi internasional untuk membuktikan kualitas lulusan program studi kita itu betul-betul diakui secara global, dan ini juga untuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) dari Universitas Udayana,” jelas Suardana.

“Harapan kita yang pertama di tingkat internal program studi seluruh civitas itu paham bahwa kita memiliki komitmen mengarah pada internasionalisasi, dan target utama kita adalah seluruh program studi berhasil lolos akreditasi internasional,” tambahnya. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *