Kunjungi Bali Megibung Festival di Bandara Ngurah Rai, Menparekraf Sebut Sumbangsih UMKM di Bali 61 Persen

Kunjungi Bali Megibung Festival di Bandara Ngurah Rai, Menparekraf Sebut Sumbangsih UMKM di Bali 61 Persen

Menparekraf apresiasi kolaborasi UMKM di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Sabtu (15/01/2022).

Kunjungan tersebut turut didampingi, Aidhil Philip Julian selaku Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Trisno Nugroho dan Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma.

Kunjungan diawali dengan meninjau kegiatan Bali Megibung Festival di Area Koridor Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dimana berbagai stand kuliner tersedia disana termasuk UMKM. Kemudian dilanjutkan menuju Gerai UMKM yang baru-baru ini resmi beroperasi bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I, Dekranasda, Bank Indonesia, dan BPD Bali, yaitu Gerai Madolan.

“Ini merupakan kolaborasi yang apik dan ciamik untuk kebangkitan ekonomi kita. Kita lihat sumbangsih UMKM di Bali lebih dari 61 persen. 97 persen UMKM di Provinsi Bali diciptakan oleh UMKM dan banyak di ekonomi kreatif,” ujar Menparekraf.

“Kerjasama pembukaan gerai UMKM merupakan salah satu orientasi kebangkitan Bali, ditambah adanya kegiatan internasional G20 Oktober mendatang, bisa dipastikan UMKM Bali semakin menggeliat dan bangkit, ini adalah program yang tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga Bali harus secara tegas berpihak kepada UMKM,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Herry A.Y. Sikado selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menjelaskan dukungan terhadap UMKM.

“Kami selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mendukung peningkatan ekonomi melalui sektor UMKM yakni memberikan peluang para pelaku UMKM mengembangkan usahanya, salah satunya yang telah kami lakukan dengan menggelar Bali Megibung Festival di Area Koridor Kedatangan Terminal Domestik,” ungkapnya.

“Selain itu, bentuk dukungan kami juga berkolaborasi bersama Dekranasda, BI Perwakilan Bali, BPD Bali, dan BaliMall membentuk Gerai UMKM, Gerai Madolan, berbagai produk dapat ditemui disana, jadi penumpang yang datang ke Bali dapat berbelanja produk khas Bali dalam satu lokasi yang telah disiapkan,” jelas Herry.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang telah memberikan dukungan atas dibukannya berbagai peluang bagi para pelaku UMKM di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, hal-hal yang menjadi masukan kepada kami semoga dapat ditingkatkan sehingga perekonomian melalui sektor UMKM turut memulihkan dampak pandemi di Provinsi Bali,” tutupnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *