Latar Belakang Keilmuan Berbeda, LPPM Unud Samakan Persepsi Reviewer Penelitian dan Pengabdian

Latar Belakang Keilmuan Berbeda, LPPM Unud Samakan Persepsi Reviewer Penelitian dan Pengabdian

Penyamaan persepsi bagi para Reviewer Penelitian dan Pengabdian LPPM Unud. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana menyelenggarakan penyamaan persepsi reviewer penelitian dan pengabdian di lingkungan Universitas Udayana, Jumat (14/01/2022), bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran.

Acara yang dihadiri seluruh reviewer baik penelitian dan pengabdian di lingkungan Universitas Udayana, dibuka Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suarsana, M.Si., dan menghadirkan narasumber Prof. Ir. I Nyoman Arya Thanaya, ME., Ph.D., yang dipandu moderator, Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM menginformasikan kepada peserta bahwa proposal penelitian dan pengabdian yang diajukan dosen Unud saat ini telah selesai diverifikasi oleh UP2M masing-masing fakultas. Tahapan selanjutnya reviewer akan bekerja pada tahapan desk evaluation dan pemaparan proposal.

Tujuan berlangsungnya acara ini untuk menyatukan persepsi para reviewer penelitian dan pengabdian LPPM Unud, dalam melakukan penilaian/mereview proposal penelitian maupun pengabdian (desk evaluation dan penilaian pemaparan proposal). Penyatuan persepsi ini diperlukan karena background keilmuan reviewer yang berbeda-beda tentunya bisa memiliki persepsi yang berbeda-beda.

(foto: ist.)

Penilaian reviewer akan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti/pengabdi di Unud.

LPPM Unud akan terus melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian tentunya dalam hal ini reviewer memiliki peran yang sangat penting. Kesatuan persepsi reviewer akan berdampak terhadap peningkatan kualitas hasil-hasil penelitian yang dihasilkan peneliti/pengabdi di Unud.

Meningkatnya kualitas penelitian dan pengabdian akan bermuara pada goal luaran yang dicapai (jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional, HAKI, Paten dan lain-lain). Tercapainya luaran penelitian secara langsung juga akan berpengaruh terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) Unud. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4284-Penyamaan-Persepsi-bagi-para-Reviewer-Penelitian-dan-Pengabdian-LPPM-Unud.html

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *