Mahasiswa Teknik Udayana Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kiat Jadi “The Great Journalist”

Mahasiswa Teknik Udayana Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kiat Jadi “The Great Journalist”

Pemateri Ras Amanda Gelgel memaparkan mengenai prinsip dasar sebagai seorang jurnalis. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – Pada Rabu, 15 Juni 2022 telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa (PJM) Fakultas Teknik yang mengusung tema “Build The Great Journalist”, diadakan secara luring di Gedung Dekanat, Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Kegiatan ini dikhususkan hanya untuk seluruh anggota Maestro, melalui kegiatan ini diharapkan Tim Jurnalistik Mahasiswa Maestro Fakultas Teknik dapat membangun serta mengembangkan potensi yang mereka miliki khususnya pada bidang kejurnalistikan.

Kegiatan PJM 2022 mendapat antusias yang sangat baik dari seluruh warga Fakultas Teknik. Pelatihan ini dihadiri Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Prencanaan Fakultas Teknik, dosen undangan serta narasumber yang memiliki segudang pengalaman dalam bidang jurnalistik. Acara berlangsung dengan pemaparan materi mengenai dasar-dasar jurnalistik oleh 3 narasumber.

Narasumber pertama yaitu Dr. Ras Amanda Gelgel, S.Sos., M.Si., yang merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FISIP Unud. Ras Amanda memaparkan mengenai prinsip dasar sebagai seorang jurnalis, menentukan pasar/target yang dituju sebagai jurnalis. Tak hanya materi, beliau juga menceritakan pengalaman yang ia dapatkan selama menjadi seorang wartawan selama 9 tahun sehingga membuat suasana pelatihan ini menjadi sangat menyenangkan.

Setelahnya, pemaparan materi dilanjutkan narasumber kedua yaitu Ni Nyoman Galuh Sri Wedari, Pemimpin Redaksi Pers Akademika tahun 2020/2021. Materi yang dibawakan mengenai teknik wawancara yang meliputi bagaimana seorang jurnalis dapat mewawancara dengan baik di lapangan, profesionalisme sebagai seorang jurnalis dan Kode Etik Jurnalistik atau yang biasa disingkat sebagai KEJ. Sebagai seorang jurnalis harus memiliki kode etik pers sehingga tidak boleh sembarangan melakukan wawancara ataupun membuat berita.

Galuh Sri Wedari juga berpesan untuk mengutamakan etika dalam melakukan wawancara dan selalu membuat narasumber merasa nyaman terhadap pertanyaan serta sikap sebagai jurnalis.

Terakhir, materi mengenai reportase disampaikan narasumber ketiga yaitu, Ni Komang Yuko Utami, Wakil Ketua LPM Pers Akademika tahun 2021/2022. Dalam materinya tersebut poin-poin yang disampaikan ialah pengamatan bagaimana seorang wartawan mengamati sebuah keadaan di lapangan agar dapat disampaikan ke publik dengan benar serta terperinci, lalu poin berikutnya ada tata cara peliputan sebagai seorang reporter.

Dalam pemaparan materi, Komang Yuko Utami atau yang biasa disapa Yuko ini juga memberikan beberapa kuis yang diberikan kepada peserta PJM sehingga membuat suasana penyampaian materi menjadi sangat interaktif.

Keberlangsungan pelatihan ini sangat dinantikan karena pada tahun sebelumnya Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa tidak dapat berlangsung dikarenakan pandemi Covid-19. Diharapkan, pada pelatihan tahun ini dapat membawa pengaruh yang baik bagi seluruh mahasiswa lainnya khususnya anggota Kelompok Studi Maestro agar dapat meningkatkan kemampuan para jurnalis muda, memunculkan bibit-bibit jurnalis yang paham terkait kejurnalistikan, serta dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip jurnalistik dengan tetap memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Sehingga para jurnalis muda di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana akan menjadi jurnalis yang berkualitas. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1196-Pelaksanaan-Pelatihan-Jurnalistik-Mahasiswa-Fakultas-Teknik-Build-the-Great-Journalist-.html

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *