Pariwisata Domestik Dibuka, Pesawat GA402 dari Jakarta Mendarat Mulus di Bandara Internasional Ngurah Rai

Pariwisata Domestik Dibuka, Pesawat GA402 dari Jakarta Mendarat Mulus di Bandara Internasional Ngurah Rai

Foto: Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengalungkan bunga kepada penumpang domestik pertama pasca dibukanya pariwisata domestik.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyambut penerbangan perdana yang mengangkut wisatawan di hari pertama dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik.

Bertempat di depan Candi Bentar Terminal Kedatangan Domestik, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan, menyambut para wisatawan yang tiba melalui penerbangan Garuda Indonesia GA402 dari Jakarta, Jumat (31/07/2020) siang.

“Dengan dibukanya kembali pariwisata Bali untuk wisatawan domestik, hal ini merupakan suatu hal yang sangat positif. Telah cukup lama pariwisata Bali terkena dampak yang cukup parah dari pandemi covid-19, sehingga cukup banyak sektor kehidupan masyarakat Bali khususnya yang terdampak. Kami berharap, hal ini merupakan awal yang baik bagi bangkitnya kembali pariwisata Bali,” tutur Rahmat Adil.

Sebanyak 89 penumpang penerbangan GA402 yang tiba di Bali pada pukul 10.18 WITA tersebut disambut dengan prosesi pengalungan bunga oleh Wakil Gubernur Bali, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), serta para pimpinan instansi komunitas bandar udara.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk Bali ke depan. Yang kami pentingkan sekarang adalah bagaimana menanamkan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata. Ini yang penting,” ujar Wakil Gubernur Bali Cok Ace sembari menambahkan yang terpenting protokol kesehatan sudah dipenuhi dengan baik.

Foto: Wisatawan yang tiba melalui penerbangan Garuda Indonesia GA402 dari Jakarta di Bandara Internasional Ngurah Rai, Jumat (31/07/2020).

Menanggapi terkait prosedur masuk bagi wisatawan, Wagub Cok Ace menyatakan bahwa hal tersebut berfungsi sebagai strategi promosi sekaligus upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan.

“Keduanya kena. Justru memberikan jaminan, serta untuk mengeliminir dan menekan kemungkinan terburuk untuk dapat terjadi, baik bagi warga Bali maupun wisatawan. Ketika diberlakukan aturan, akan memberikan gambaran bagi wisatawan bahwa di Bali ini nyaman dan aman,” jelasnya.

Selama satu pekan ke belakang (tanggal 26-30 Juli 2020), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat telah melayani sebanyak 17.757 penumpang rute domestik yang terangkut melalui 278 penerbangan. Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya (19-23 Juli 2020), dimana terdapat 15.153 penumpang dan 256 penerbangan, maka terdapat pertumbuhan sebesar 17% untuk jumlah penumpang serta 8% untuk penerbangan rute domestik yang terlayani.

“Untuk pergerakan penumpang rute domestik perlahan tapi pasti sudah menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Hingga tanggal 30 Juli, kami melayani sebanyak 73.875 penumpang, dengan rata-rata harian sebanyak 2.463 penumpang. Sementara di bulan Juni lalu, hanya sejumlah kurang lebih 17.861 penumpang. Bulan ini tumbuh sangat baik. Sekali lagi kami tegaskan, implementasi protokol kesehatan senantiasa kami terapkan secara ketat, seiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang kami layani,” beber Rahmat Adil. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *