ToT 4 Pilar MPR RI, Tatar SOKSI Z Siapkan Pribadi Pancasilais Cetak Duta Pembangunan Nasional

ToT 4 Pilar MPR RI, Tatar SOKSI Z Siapkan Pribadi Pancasilais Cetak Duta Pembangunan Nasional

Para narasumber dan peserta foto bersama usai acara Training of Trainers (ToT) 4 Pilar MPR RI di Bali Dynasty Resort, Kuta, Badung. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – Fraksi Partai Golkar MPR RI mengadakan acara Training of Trainers (ToT) 4 Pilar MPR RI, berlangsung di Bali Dynasty Resort, Kuta, Kabupatan Badung, Selasa (14/12/2021). Pesertanya anggota SOKZI Z yang merupakan kader dan tunas muda SOKSI Bali.

Acara ToT 4 Pilar MPR RI ini dihadiri Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Ir. H. M. Idris Laena, M.H., bersama sejumlah Anggota Fraksi Partai Golkar MPR RI diantaranya Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi), Dr. H.A. Mujib Rohmat, M.H., dan Ir. Sari Yuliati, S.H., serta narasumber lainnya yakni akademisi Prof. Dr. I Wayan Windia, S.H., M.Si., Putu Ronny Angga, S.Pd., M.Pd., dan Agung Weda dari Ketua Petani Muda Keren.

Sesuai tema kegiatan, “Penanaman Nilai-Nilai Luhur Pancasila untuk Penguatan di Pemahaman UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika”, Gus Adhi menegaskan bahwa generasi muda atau pemuda merupakan agen perubahan yang mampu membawa perubahan bagi Bangsa Indonesia.

Gus Adhi menegaskan, jika mereka keluar dari rel 4 Pilar Kebangsaan maka negara ini akan hancur. Namun, satu anak muda bisa melakukan ribuan perubahan jika mereka tetap berada pada jalur 4 Pilar Kebangsaan. Yaitu Pancasila sebagai Dasar Ideologi Negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Kita tidak bisa membayangkan bagaimana bangsa ini kedepan tanpa pilar kebangsaan karena itu pentingnya sekali pembangunan nasional ini dikawal oleh jiwa yang mempunyai karakteristik nasionalisme yang kuat seperti lagu Indonesia Raya, kita bangun jiwanya dulu dengan diisi oleh mental-mental 4 Pilar MPR RI itu,” kata Gus Adhi.

Anggota Komisi II DPR RI ini juga menegaskan, karakter anak muda di era kekinian ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi bagaimana para generasi Z ini mencintai negara ini salah satunya mencintai dan memakai produk bangsanya sendiri.

“Kami dari MPR RI ini memberikan pemahaman-pemahaman 4 pilar ini sehingga kita bisa tumbuh kembangkan duta-duta pembangunan nasional kedepannya yang lebih baik,” tegas Gus Adhi yang juga Ketua Harian Depinas SOKSI sekaligus Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali.

Agung Weda, saat memberi pemaparan di acara ToT 4 Pilar MPR RI. (foto: ist.)

Salah satu narasumber yang juga seorang anak muda, Agung Weda, menuturkan bahwa sebagai anak muda wajib menjaga NKRI dan menjadi pribadi-pribadi milenial tangguh yang bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia luar.

Agung Weda mengungkapkan, menjadi anak muda tangguh yang Pancasilais bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya menggeluti pertanian. Agung mengatakan, stigma petani itu miskin, kotor, bergelut dengan lumpur, harus mulai dihilangkan. Caranya dengan terjun langsung menjadi petani yang modern, petani yang organik, dan menjadi petani pengusaha.

“Kami di PMK (Petani Muda Keren) membuat petani muda keren dengan gerakan bersama petani-petani muda seluruh Bali bahkan Jawa Barat, Nawa Tengah, Jawa Timur bahkan sampai Papua Barat, jadi ini Bli Gung akan kaitkan bagaimana visi kita di pertanian dan di kehidupan kita sehari-hari dengan pertanian organik,” jelas Ketua Petani Muda Keren ini.

Dihadapan kalangan SOKSI Z, Agung Weda menegaskan kepada anak muda agar berpikir organik, hidup apa adanya, tidak hidup instan, mengisi diri aktifitas yang positif, serta belajar belajar dan belajar.

“Isi hari-hari kalian dengan hal-hal positif sehingga kalian menjadi pribadi yang benar-benar hebat benar-benar keren bukan terlihat keren tapi benar-benar keren, saat teman-teman lain sibuk dengan gadgetnya, game online, kalian mungkin sibuk di pertanian, sibuk di pendidikan dan hal-hal positif lainnya, itulah kekuatan kita menjaga 4 Pilar Kebangsaan,” tegas Agung Weda. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *