Visitasi Penilaian BUMN CSR Award, The Patra Bali Terapkan CSR Mengacu pada ISO 26000

Visitasi Penilaian BUMN CSR Award, The Patra Bali Terapkan CSR Mengacu pada ISO 26000

Visitasi dan penilaian BUMN CSR Award Provinsi Bali terhadap The Patra Bali Resort & Villas. (foto: ist.)

Badung (Penabali.com) – The Patra Bali Resort & Villas dinilai Tim Penilai BUMN CSR Award, bertempat di hotel setempat, Selasa (21/09/2021). Dalam proses penilaian ini, hadir 12 orang dari Tim Penilai BUMN CSR Award didampingi beberapa Departement Head dari The Patra Bali Resort & Villas.

General Manager The Patra Bali Resort & Villas, Suwardi, mengatakan sebagai salah satu anak perusahaan BUMN, The Patra Bali Resort & Villas selalu menerapkan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengacu pada ISO 26000. Yakni, menterjemahkan tanggung jawab sosial sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis, yang konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat, memperhatikan kepentingan dari para stakeholder, yang sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan norma-norma internasional, serta terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi meliputi kegiatan, produk maupun jasa.

Suwardi menjelaskan, sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, The Patra Bali Resort & Villas sebagai salah satu unit kerja PT Patra Jasa (anak perusahan PT Pertamina) yang beroperasi di daerah tujuan wisata Provinsi Bali dan telah beroperasi selama 46 tahun, menyelenggarakan program CSR untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat sebagai salah satu stakeholder, dengan ruang lingkup pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat, sarana dan prasarana umum dan bencana alam, keagamaan. Semuanya itu bertujuan untuk memberikan kepedulian kepada lingkungan serta komunitas masyarakat di sekitar ataupun masyarakat luas secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Kegiatan sosial kami lakukan bukan semata hanya untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat ataupun lembaga survei. Namun lebih dari itu, ini merupakan suatu bentuk rasa syukur dari perusahaan atas pencapaian selama beroperasi,” ujar Suwardi.

Ketua CSR Unit The Patra Bali, Kadek Dewi Wirati, menambahkan untuk CSR 2021 The Patra Bali memberikan CSR rutin seperti tahun sebelumnya ke lingkungan dan wilayah area hotel. Antara lain supply air bersih untuk Pura Celuk Waru, Pantai Nelayan dan Banjar Segara, standby setiap saat supply listrik untuk Banjar Segara, standby setiap saat 2200 Watt pelaksanaan dan penyediaan sarana upacara persembahyangan di lingkungan The Patra Bali, bekerjasama dengan seniman lokal di sekitar hotel untuk menyelenggarakan pertunjukan Rindik dan Tari Ramayana di The Patra Bali Resort & Villas, kegiatan donor darah setiap 4 bulan, dan mempekerjakan 2 orang tenaga kerja difabel.

Untuk CSR 2020 yang sudah dilaksanakan di bulan Januari sampai Agustus, antara lain bantuan sarana dan prasarana air bersih untuk Kelompok Nelayan Pantai Sekeh pada Januari 2020 dengan anggaran sebesar Rp.75.000.000. Pembuatan sistem air bersih dengan metode Zoning di Dusun Auman, Desa Pelaga Petang pada kurun Juli hingga Agustus 2020 dengan anggaran sebesar Rp.125.000.000.

Masih pada CSR tahun 2020, The Patra Bali juga memberikan pelatihan keterampilan kepariwisataan bagi siswa SMK dan Karang Taruna pada tanggal 4 – 6 Agustus 2020 dengan anggaran sebesar Rp.125.000.000.

“Kami juga melaksanakan pembinaan dan pelatihan keterampilan pembuatan Dupa Sehat Alami Suci Berbudaya Bali di Banjar Danginsema, Desa Tumbakbayuh, Kabupaten Badung pada September 2020, anggaran Rp.75.000.000,” imbuh Dewi.

Sedangkan untuk CSR tahun 2021 akan dilaksanakan di bulan Oktober. Diantaranya melanjutkan pembinaan dan pelatihan keterampilan pembuatan Dupa Sehat Alami Berbudaya Bali di Banjar Danginsema, Desa Tumbakbayuh, Kabupaten Badung dengan anggaran Rp.35.000.000, pembagian paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 bekerjasama dengan Polsek Kuta, pembagian paket sembako kepada karyawan terdampak pandemi, juga kepada warga di lingkungan The Patra Bali.

“Dari beberapa kegiatan sosial yang telah dilakukan dan akan dilakukan The Patra Bali Resort & Villas, diharapkan dapat meningkatkan kehidupan sosial masyarakat,” ucapnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *