30 Relawan “Sibat” Warga Desa Tejakula Dapat Pelatihan Siaga Bencana

30 Relawan “Sibat” Warga Desa Tejakula Dapat Pelatihan Siaga Bencana

Kegiatan Pelatihan Sibat di Desa Tejakula, Buleleng. (foto: ist.)

Buleleng (Penabali.com) – Kabupaten Buleleng menggelar Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), bertempat di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula, Rabu (24/11/2021). Pelatihan yang diikuti 30 relawan dari elemen masyarakat setempat itu akan berlangsung selama empat hari.

Pelatihan Sibat merupakan upaya pemberdayaan masyarakat demi meningkatkan kemampuan masyarakat menurunkan risiko dampak bencana yang terjadi di wilayahnya. Dengan pelatihan Sibat, masyarakat diharapkan mampu tanggap menurunkan risiko dampak bencana dengan kapasitas dan sumber daya yang dimiliki.

Dalam mengikuti Pelatihan Sibat yang digelar PMI Kabupaten Buleleng, masyarakat Desa Tejakula dibekali berbagai keterampilan dasar dalam pertolongan. Kegiatan ini juga diikuti dengan pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.

Ditemui usai membuka pelaksanaan Pelatihan Sibat di Wantilan Desa Tejakula, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, menyampaikan Pelatihan Sibat merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Buleleng, PMI Buleleng, dan Yayasan Gaia Oasis. Ariadi berharap setelah pelatihan para peserta mampu mengaplikasikan materi yang didapat selamat pelatihan kepada lingkungan sekitar.

Para peserta pelatihan yang merupakan Relawan “Sibat” Desa Tejakula. (foto: ist.)

“Kegiatannya adalah terkait dengan pra bencana. Jadi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan sebelum terjadi bencana. Kegiatan ini untuk warga tetapi kita batasi untuk para relawan. Dengan harapan, memberikan imbas kepada keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” ungkapnya.

Keberadaan Tim Sibat di Kabupaten Buleleng akan menjadi bagian penting bersama stakeholder lainnya untuk bergerak bersama membantu masyarakat menghadapi bencana. Adanya Sibat juga diharapkan menjadi media komunikasi efektif dalam mendokumentasikan informasi, berbagi dan mendorong kesadaran bersama tentang arti penting siaga bencana dan nilai-nilai kemanusiaan.

Di Kabupaten Buleleng, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat yang dibentuk PMI Buleleng diantaranya di Kelurahan Seririt, Desa Sulanyah, Desa Patemon, dan Desa Pemuteran. Desa Tejakula merupakan desa kelima yang menjadi sasaran pembentukan dan pelatihan Sibat PMI Buleleng.

Pelatihan Sibat di Desa Tejakula diselenggarakan PMI Kabupaten Buleleng mulai 24 hingga 27 November 2021. Pembukaan Pelatihan Sibat di Desa Tejakula, dihadiri Camat Tejakula, Sekretaris Pengelola PMI, dan Ketua Yayasan GAIA OASIS. Narasumber dalam Pelatihan Sibat di Desa Tejakula antara lain BPBD, Basarnas, dan Tim Pelatih PMI. Terselenggaranya Pelatihan ini juga didukung CSR Gaia Oasis. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *