Bantu Pasutri Korban Musibah Kebakaran, Begini Pesan Wabup Sutjidra!

Bantu Pasutri Korban Musibah Kebakaran, Begini Pesan Wabup Sutjidra!

Wabup Sutjidra sekaligus Ketua PMI Buleleng bantu pasutri korban musibah kebakaran. (Foto: ist.)

Penabali.com – Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra menghimbau kepada seluruh masyarakat Buleleng agar lebih waspada saat meninggalkan rumah. Dengan demikian kejadian seperti kebakaran rumah yang saat ini menimpa beberapa warga di Kabupaten Buleleng, bisa dihindari.

Hal tersebut diungkapkan Wabup Sutjidra saat menyambangi sekaligus memberikan bantuan sosial berupa family kit, hygine kit, terpal, selimut, PHBS, dan sembako kepada korban kebakaran, Kadek Ariadana bersama istri Putu Suriani, di lokasi kebakaran Banjar Dinas Mertasari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Jumat (11/6/2021).

Wabup Sutjidra menjelaskan, musibah kebakaran kerap terjadi dan menimpa sejumlah warga. Ia menyebutkan penyebab terjadinya kebakaran akibat kelalaian masyarakat itu sendiri yang kurang waspada saat akan meninggalkan rumah setelah melakukan kegiatan persembahyangan baik dengan menggunakan sarana dupa maupun lilin.

Untuk menanggulangi musibah kebakaran akibat kelalaian ini, Ia meminta kepada para camat dan kepala desa agar mensosialisasikan ke masyarakat agar lebih waspada sebelum meninggalkan rumah.

“Sudah disampaikan melalui sosialisasi dari camat dan kepala desa agar masyarakat yang setelah melakukan persembahyangan dengan menggunakan lilin atau dupa agar mematikan dulu sebelum meninggalkan rumah,” pesan Sutjidra yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng.

Meskipun musibah yang menimpa beberapa warga masyarakat Buleleng akibat dari kelalaian, namun sebagai bentuk keprihatinan sekaligus kepedulian, Wabup Sutjidra bersama jajarannya dengan menggandeng beberapa komunitas peduli sosial yang terdapat di Kabupaten Buleleng akan berusaha membantu menyalurkan bantuan sosial, baik bantuan berupa sandang, pangan serta bedah rumah melalui penggalangan dana.

“Namanya musibah kita harus prihatin. PMI selalu siap untuk bisa membantu meringankan masyarakat yang terkena musibah,” imbuhnya.

PMI Buleleng dan Buleleng Social Community bantu warga kurang mampu di Banjar Taman Sari Mekar, Gerokgak. (Foto: ist.)

Tidak hanya menyambangi korban kebakaran di Desa Patas, Wabup Sutjidra juga menyempatkan diri berkunjung ke rumah warga kurang mampu, Ketut Sari, di Banjar Taman Sari Mekar, Desa Gerokgak.

Dalam kunjungan itu, Wabup Sutjidra menyalurkan bantuan sosial berupa family kit, hygine kit, terpal, selimut, PHBS, dan sembako, yang diterma langsung Ketut Sari, lansia berumur 80 tahun dengan KK tunggal yang tinggal sebatang kara di gubuk diatas tanah milik keluarganya.

Terkait dengan adanya masyarakat kurang mampu yang masih tercecer seperti Ketut Sari, Sutjidra bersama jajaran PMI Buleleng dan Komunitas Buleleng Social Community (BSC) akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu meringankan beban dari Ketut Sari.

PMI dan BSC dalam waktu dekat akan mendirikan tenda sementara agar bisa ditempati oleh Ketut Sari, karena kondisi bangunan yang saat ini ditempati sudah tidak layak huni, dan untuk kedepannya dirinya akan melakukan penggalangan dana untuk menyiapkan bedah rumah.

“ini salah satu masyarakat kita yang terlantar seorang diri. Mudah-mudahan kita segera bisa meringankan bebannya khususnya untuk tempat berteduh (bedah rumah, red),” tutupnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *