DPRD Kabupaten Buleleng Sahkan 3 Ranperda

DPRD Kabupaten Buleleng Sahkan 3 Ranperda

Bupati Buleleng dan Ketua DPRD Buleleng di Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus DPRD dan Pendapat Akhir Bupati. (Foto: ist.)

Penabali.com – DPRD Kabupaten Buleleng menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus DPRD dan Pendapat Akhir Bupati atas Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B), Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Retribusi Menara Telekomunikasi dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Rabu (9/06/2021).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, S.H., dihadiri Pimpinan Dewan, Anggota DPRD Buleleng, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T., Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., dan seluruh pimpinan SKPD, dan dilaksanakan secara virtual.

Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna usai mendengar laporan masing-masing ketua pansus yang dibacakan pada saat Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus DPRD Buleleng dan meminta persetujuan Anggota DPRD Buleleng.

Dalam penyampaian pendapat akhir, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan diajukan dikarenakan perlindungan lahan pertanian berkelanjutan merupakan upaya pemerintah daerah untuk mencapai keadilan sosial bagi masyarakat serta untuk menjaga keseimbangan fungsi lingkungan hidup sehingga dapat terwujud pembangunan daerah yang berkeadilan.

Bupati Suradnyana juga menjelaskan, pembentukan Perda Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan diharapkan dapat melindungi kawasan pertanian pangan berkelanjutan dan lahan pertanian pangan berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan lahan pertanian pangan di Kabupaten Buleleng sebagai sumber pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Terkait Ranperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, Bupati Suradnyana mengatakan, Ranperda ini diajukan untuk melaksanakan prinsip-prinsip kepentingan umum dalam rangka menyediakan sarana telekomunikasi sebagaimana diamananatkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta kemandirian daerah.

Selain itu, Bupati yang akrab disapa PAS ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota dewan, karena telah mengajukan Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Menurutnya, ini adalah bentuk perhatian dari Anggota DPRD Buleleng terhadap pendidikan anak usia dini dan para tenaga pendidik dan kependidikan anak usia dini.

Selanjutnya, ketiga Ranperda ini akan dikirim ke Pemerintah Provinsi Bali untuk mendapat fasilitas dan evaluasi dari Gubernur Bali. (kmg)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *