Kasal Tinjau Pembudidayaan Udang Paname Program Kampung Bahari Nusantara TNI AL di Lovina

Kasal Tinjau Pembudidayaan Udang Paname Program Kampung Bahari Nusantara TNI AL di Lovina

Kasal ditemani istri meninjau pembudidayaan udang paname di Lovina. (foto: ist.)

Singaraja (Penabali.com) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, meninjau tambak udang yang terletak di wilayah Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Selasa (22/02/2022).

Kehadiran Kasal Yudo yang saat itu didampingi istri, Ny. Vero Margono, untuk melihat ratusan ribu ekor udang jenis paname yang dibudidayakan.

Ditemui usai peninjauan, jenderal bintang empat ini mengatakan, pihaknya membuat Program Kampung Bahari Nusantara, dimana terdapat beberapa kegiatan diantaranya ketahanan pangan dengan pembudidayaan udang paname di beberapa wilayah di Indonesia.

“Lovina dipilih lantaran lokasinya dekat dengan pantai, hanya sekitar 400 meter dibawa ke Lab untuk pembudidayaan udang ini. Nanti kalau sudah panen, kami bekerjasama dengan Pemkab. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar,” tuturnya.

Kampung Bahari Nusantara, menurutnya, juga akan dikembangkan di wilayah Kabupaten Jembrana. Disana, program tersebut akan dibuat lebih besar. Tidak hanya pembibitan udang, melainkan juga akan dibangun area wisata mangrove, kesehatan hingga pendidikan.

“Udang jenis paname ini dipilih lantaran memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Masa panen pun dirasa sangat singkat, bahan pakannya mudah diperoleh sehingga nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” tambahnya.

Selain menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah Lovina ini, keberadaan Lab INAP ini juga bisa merekrut beberapa tenaga kerja lokal. Hal ini terbukti, keberadaan INAP yang digagas TNI Angkatan Laut sudah mempekerjakan belasan orang. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *