Pameran Panen Hasil Karya Siswa SMP Negeri 1 Singaraja, Gali Bakat Siswa

Pameran Panen Hasil Karya Siswa SMP Negeri 1 Singaraja, Gali Bakat Siswa

Bupati Buleleng sedang mengamati karya seni siswa SMPN 1 Singaraja dalam Pameran Panen Hasil Karya Siswa. (foto: ist.)

Buleleng (Penabali.com) – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menginstruksikan kepada guru SMP untuk mengenali potensi dari setiap siswanya.

“Kepekaan dari guru diperlukan dalam hal ini,” ujarnya saat memberikan pengarahan pada pembukaan Pameran Panen Hasil Karya Siswa SMP Negeri 1 Singaraja, bertempat di aula sekolah setempat, Selasa (26/4/2022).

Agus Suradnyana menjelaskan, memasuki fase SMP anak-anak mulai mengenali bakat dan kemampuan dirinya. Kreativitas akan muncul di fase ini. Tentu pameran yang digelar SMP Negeri 1 Singaraja ini untuk menggali potensi dan kreativitas dari setiap siswa. Dengan wahana-wahana seperti ini, siswa bisa mengenali potensi dalam dirinya.

“Jadi bisa mengenali. Oh saya bisa Bahasa Inggris, saya bisa seni budaya dan lain sebagainya,” jelasnya.

Beranjak ke fase terakhir atau kelas IX, minat dari setiap siswa akan semakin terlihat. Utamanya pada segi kepemimpinan, kewirausahaan dan hubungan sosial antar manusia. Dengan semua itu, siswa akan menjadi manusia yang bisa hidup di dalam masyarakat.

Untuk menilai hal tersebut, diperlukan kepekaan dari gurunya. Upaya-upaya untuk pemahaman terhadap minat dan potensi dari siswa agar terus dilakukan.

Bupati Suradnyana tengah menyapa salah satu siswa SMPN 1 Singaraja. (foto: ist.)

“Oleh karena itu, saya menginstruksi para guru khususnya di tingkat SMP untuk mengenali potensi dari siswa. Kepekaan dari guru juga saya harapkan untuk bisa menggali potensi siswa. Walaupun tidak semua bisa, tapi hal itu bisa dipelajari,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Singaraja Ni Putu Karnadhi menyebutkan pameran ini merupakan hal yang baru dilakukan di SMP Negeri 1 Singaraja. Tujuannya untuk mendorong siswa mengeksplorasi diri melalui pameran ini. Kemudian membuat proyek dan menyajikan hasil dalam sebuah pameran sesuai dengan tema dari pameran adalah Panen Hasil.

“Panen merujuk pada usaha siswa untuk menuai hasil dari eksplorasi dirinya,” sebutnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Buleleng khususnya Bupati Buleleng karena terus mendukung upaya dari SMP Negeri 1 Singaraja. Mengenai instruksi dari Bupati, mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja ini akan terus berupaya mengembangkan potensi siswanya.

“Kita pasti teruskan penggalian potensi dari siswa dan yakin bisa melakukan hal itu. Apalagi dalam kurikulum merdeka belajar yang digunakan saat ini,” pungkas Karnadhi.

Untuk diketahui, Pameran Panen Hasil Karya Siswa SMP Negeri 1 Singaraja ini menyajikan kreativitas siswa dari kelas VII hingga kelas IX yang merupakan hasil karya tugas praktik dari materi pembelajaran Seni Budaya khususnya sub Seni Rupa. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *