Segera Dibangun Lapas Baru di Buleleng, Lahannya di Desa Patas Gerokgak Seluas 7 Hektar Lebih

Segera Dibangun Lapas Baru di Buleleng, Lahannya di Desa Patas Gerokgak Seluas 7 Hektar Lebih

Sertijab Kepala Lapas Kelas II B Singaraja, di Gedung Wanita Laksmi Graha. (foto: ist.)

Buleleng (Penabali.com) – Disela Sertijab Kepala Lapas Kelas II B Singaraja, di Gedung Wanita Laksmi Graha, Jumat (24/12/2021), Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, mendukung penuh segala upaya, terobosan dan inovasi yang dilakukan dalam hal pembinaan di Lapas ini.

Agus Suradnyana menjelaskan pembinaan di Lapas menjadi hal yang sangat penting. Lapas merupakan bagian dari lembaga penegak hukum yang perannya sangat penting.

Dalam upaya rangkaian penegakan hukum yang bertujuan untuk membina warga binaan. Sehingga diharapka selepas menuntaskan masa tahanannya dan kembali ke masyarakat mereka dapat menjadi warga yang baik dan taat hukum sehingga bisa diterima di lingkungannya secara wajar.

“Dan dapat berperan aktif dalam pembangunan,” imbuh Bupati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng senantiasa mendukung dan membantu serta membuka ruang informasi terkait upaya pembinaan terhadap warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja. Untuk itu kerja sama yang telah terjalin tetap dijaga dan ditingkatkan.

Kepada Kalapas yang baru, Agus Suradnyana mengaharapkan agar amanah yang dibebankan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan agar dapat dilaksanakan dengan peningkatan kinerja dan disiplin demi mencapai prestasi yang cemerlang.

“Selamat bekerja semoga diberikan kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” ucap Bupati.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. (foto: ist.)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) RI Provinsi Bali, Jamaruli Manihuruk, menyebutkan pemerintah daerah sangat mendukung keberadaan Lapas Kelas IIB Singaraja. Hal ini dibuktikan dengan komitmen yang diberikan Gubernur Bali untuk permohonan lahan sebagai lapas baru di Buleleng.

DIperkirakan tujuh hektar lebih lahan telah disiapkan di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak. Saat ini, Kanwil Kemenkumham RI Provinsi Bali tinggal menunggu pengalihan aset.

“Setelah itu pembicaraan pembangunan akan dimulai. Rencana anggaran yang digunakan dari APBN,” sebutnya.

Dukungan penuh dari pemerintah daerah khususnya Pemkab Buleleng juga diakui Mut Zaini. Bagaimana hubungan dirinya selama bertugas di Buleleng sangat harmonis. Seluruh stakeholders bekerja bersama dengan sangat baik. Mulai dari Pemkab, Aparat Penegak Hukum (APH) dan Forkopimda semuanya saling mendukung.

“Jadi saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman sekalian. Insan media juga demikian, sangat kooperatif dan selalu konfirmasi. Sukses untuk Buleleng. Yang jelas saya sampaikan, dimanapun kita berada harus selalu berinovasi,” kata dia.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Singaraja yang baru, I Wayan Putu Sutresna, mengungkapkan pada dasarnya dirinya akan melanjutkan apa yang sudah dirintis Mut Zaini. Dukungan dari berbagai stakeholder termasuk pemerintah daerah juga sangat diharapkan untuk memajukan Lapas Kelas IIB Singaraja, khususnya dalam program pembinaan yang sudah berjalan dengan baik.

“Jadi kami hanya melanjutkan bahkan kalau perlu bisa kami tingkatkan. Untuk sementara kami akan jajaki dulu kedepannya. Mudah-mudahan bisa kita ciptakan inovasi yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi di Lapas Singaraja,” tutup mantan Kepala Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Denpasar ini. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *