Transformasi Digital! Tiket Masuk Obyek Wisata Air Terjun Sekumpul-Lemukih Pakai E-Ticketing

Transformasi Digital! Tiket Masuk Obyek Wisata Air Terjun Sekumpul-Lemukih Pakai E-Ticketing

Kadis Kominfosanti Buleleng Suwarmawan (kiri) bersama Kepala BPKPD Gede Sugiartha Widiada saat peluncuran e-ticketing di DTW Air Terjun Sekumpul-Lemukih. (foto: ist.)

Buleleng (Penabali.com) – Optimalisasi peningkatan PAD Kabupaten Buleleng terus digencarkan Pemkab Buleleng melalui BPKPD dengan digitalisasi. Salah satunya pembayaran tiket masuk di daerah tujuan wisata (DTW) Air Terjun Sekumpul-Lemukih, Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan.LKepala BPKPD Gede Sugiartha Widiada saat peluncuran e-ticketing di DTW Air Terjun Sekumpul-Lemukih, Senin (20/6/2022), menyampaikan tujuan dari e-ticketing adalah untuk efisiensi dan efektifitas peningkatan pendapatan asli daerah sehingga lebih transparan

“Digitalisasi dengan e-ticketing akan sangat bermanfaat dari sisi efisiensi, efektifitas, karena pengelolaan akan lebih transparan dan realistis. Ini akan dapat meningkatkan pendapatan desa melalui Bumdes dan PAD juga akan meningkat,” ujarnya

Lebih jauh disampaikan Kaban BPKPD, target tahun ini sebanyak 10 DTW akan beralih ke e-ticketing dan berharap kedepan seluruh DTW di Kabupaten Buleleng terdigitalisasi.

“Di Desa Sekumpul yang ke-8 dari 10 DTW yang ditargetkan tahun ini, besok kita ke DTW Gitgit,” imbuhnya.

Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta dengan latar Air Terjun Sekumpul-Lemukih. (foto: ist.)

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, mengatakan Pemkab Buleleng melalui Dinas Kominfosanti sangat mendukung e-ticketing di DTW Sekumpul-Lemukih. Pihaknya memastikan seluruh jaringan internet di desa-desa sudah terhubung dengan fiber optik.

“Dukungan jaringan internet melalui program Bali Smart Island memastikan jaringan stabil di seluruh desa, karena sudah menggunakan kabel fiber optik. Kalau dulu wilayah yang blank spot memakai wireles, sekarang sudah pakai kabel,” imbuhnya.

Disisi lain, Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta mengatakan sangat mengapreasiasi upaya Pemkab Buleleng untuk pembayaran tiket masuk ke daerah wisata di wilayahnya. Mengingat potensi wisata desanya sangat luar biasa.

“Potensi alam kami sejak dulu sudah dikenal dan banyak wisatawan yang telah berkunjung, baik melalui wilayah Desa Lemukih maupun Desa Sekumpul. Sebelum Covid-19 sumbangan devisa bisa mencapai 250 juta per tahun, apalagi sekarang dengan e-ticketing akan mampu mendongkrak PAD Buleleng,” terangnya.

Kedepan pihaknya berharap kepada pemerintah melalui Dinas Pariwisata untuk mendukung pengembangan pariwisata Desa Sekumpul dengan infrastruktur memadai sehingga menambah kenyamanan wisatawan untuk berkunjung dan tentunya akan meningkatkan kunjungan wisatawan. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *