1.200 Paket Sembako ARW dan PSBI, Warga: “Ini perhatian luar biasa Pak Rai Wirajaya”

1.200 Paket Sembako ARW dan PSBI, Warga: “Ini perhatian luar biasa Pak Rai Wirajaya”

Foto: Acara penyerahan paket sembako ARW dan PSBI di kediaman Agung Rai Wirajaya di Denpasar, Sabtu (27/03/2021).

Penabali.com – Sudah setahun lebih ekonomi Bali “mati suri” akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi Bali triwulan IV 2020 tercatat tumbuh negatif sebesar -12,21%, terkontraksi paling dalam dibandingkan 34 propinsi lainnya. Ini karena ekonomi Bali yang sangat bergantung pada sektor pariwisata. Hal itu diperparah lagi dengan dirumahkannya ribuan tenaga kerja di sektor pariwisata dan turunannya, sehingga daya beli juga ikut menurun.

“Kondisi lagi susah, rakyat sedang kelaparan dan kondisi ini sudah berlangsung setahun terakhir. Ini bentuk keterpanggilan kami membantu masyarakat,” kata Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) saat ditemui usai acara penyerahan ribuan paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang Ia fasilitasi, bertempat di Jero Taman Sari Prenem Jl. Suradipa, Peguyangan, Denpasar Utara, Sabtu (27/03/2021).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan yang biasa disapa Agung Rai Wirajaya ini mengatakan, dalam kondisi rakyat yang sedang susah saat ini, bantuan sembako dirasa cukup tepat demi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karena itu, Bank Indonesia sebagai mitra kerja Agung Rai di Komisi XI DPR RI, diajak untuk ikut bersama-sama membantu masyarakat dengan menyalurkan bantuan paket sembako.

“Ini bukan yang pertama yang kami lakukan, sebelumnya bersama BI (Bank Indonesia) kami juga sudah mendistribusikan tak hanya paket sembako tapi juga alat-alat kesehatan bagi tenaga medis sebagai garda terdepan, serta hand sanitizer dan bantuan lainnya,” ungkap Agung Rai.

Politisi senior partai berlambang banteng moncong putih ini mengakui bantuan ribuan paket sembako ini sebelumnya diajukan berupa proposal bantuan sembako oleh Banjar Batu Paras Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Barat. Pengajuan proposal itu kemudian ditindaklanjuti Agung Rai untuk disampaikan ke mitra kerjanya, Bank Indonesia, sehingga ribuan bantuan paket sembako ini bisa disalurkan ke warga yang membutuhkan ditengah pandemi.

“Teknis pembagiannya kami atur agar tidak terjadi kerumunan dan untuk mematuhi protokol kesehatan, yang datang perwakilan penerima saja,” jelasnya.

Penyaluran bantuan sembako kali ini berjumlah 1.200 paket, terdiri dari 1.000 paket sembako dari PSBI dan 200 sembako bantuan pribadi Agung Rai yang disalurkan kepada 11 kelompok warga penerima.

Adapun 11 kelompok penerima 1.200 paket sembako tersebut terdiri dari tiga kabupaten/kota di Bali yaitu perwakilan kelompok di Kota Denpasar, perwakilan kelompok dari Kabupaten Tabanan, dan Karangasem.

“Saya berterima kasih kepada mitra kerja kami dalam hal ini Bank Indonesia. Bantuan PSBI yang disalurkan agar warga bisa lebih semangat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan kelompok penerima yang diwakili Putu Yuni Widyadnyani menuturkan bantuan paket sembako yang difasilitasi Agung Rai Wirajaya bersama mitra kerja Bank Indonesia lewat PSBI, sangat membantu warganya yang memang membutuhkan sembako.

“Matur suksma niki (terima kasih) kepada Bapak Rai Wirajaya yang selalu mengapresiasi dan membantu masyarakat apalagi ditengah pandemi. Menurut saya, beliau sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, ini perhatian luar biasa Pak Rai Wirajaya dan bantuan ini sangat berguna, saya senang sekali dan berterimakasih karena selalu menjembatani kepentingan masyarakat,” tutur Putu Yuni.

Adapun kelompok penerima paket sembako ARW dan bank Indonesia, dari Kota Denpasar yakni Banjar Batu Paras Desa Padangsambian Kaja, Desa Adat Pedungan, Banjar Lumbung Sari Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Karangsari Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Umasari Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Sanglah Desa Dauh Puri Kelod, Pengempon Merajan Ageng Griya Penyaitan Denpasar, dan Banjar Adat Merta Rauh Kaja.

Untuk Kabupaten Tabanan yaitu Koordinator Komunitas Kayon dari Desa Geluntung Tabanan. Sementara untuk Kabupaten Karangasem dari Dadia Pura Kanginan dari Desa Labasari Karangasem. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *