Akses Masuk Pantai Saat Banyupinaruh Ditutup

Akses Masuk Pantai Saat Banyupinaruh Ditutup

Selama PPKM Level 4, akses masuk ke pantai di wilayah Denpasar, ditutup untuk umum. (Foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Akses masuk ke pantai di wilayah Denpasar ditutup saat pelaksanaan Banyupinaruh pada Minggu, 29 Agustus 2021. Salah satu akses pantai yang ditutup yakni Pantai Padanggalak, Kesiman Denpasar.

Pembina Pecalang Desa Adat Kesiman, Wayan Sadia, mengatakan pembatasan akses ke Pantai Padanggalak ini telah dilakukan sejak Hari Saraswati kemarin. Hal ini dilakukan menindaklanjuti surat edaran dari MDA Denpasar terkait dengan Hari Saraswati, Banyupinaruh serta Haei Pagerwesi di Kota Denpasar.

“Penjagaan memang tetap dari kemarin, tapi lebih kami efektifkan lagi saat ini. Penjagaan telah kami lakukan sejak Saraswati kemarin pagi,” tegas Sadia.

Penjagaan ini dibagi ke dalam beberapa shift dimana setiap shiftnya melibatkan hingga 20-an Pecalang dan menjaga di beberapa titik akses masuk ke Pantai Padanggalak. Penjagaan tak hanya menyasar jalan utama, tapi juga jalan tikus yang ada di sekitar pantai dengan mengerahkan pecalang dibantu kepolisian. Penjagaan dilakukan sejak pagi hari hingga pukul 23.00 Wita nanti.

Camat Denpasar Timur, Wayan Herman menambahkan, penjagaan ini juga dibantu Satgas Covid-19 baik dari desa/kelurahan juga dari Pemkot Denpasar. Untuk wilayah Kecamatan Denpasar Timur, ada dua pantai yang ditutup yakni Pantai Padanggalak dan Pantai Biaung.

“Ini keduanya kebetulan masuk wilayah Kesiman. Yang boleh masuk hanya masyarakat yang memang bermata pencaharian di pantai atau tinggal di dekat pantai. Sementara yang akan melukat apalagi berwisata kami tidak izinkan,” katanya.

Ditutupnya akses masuk ke pantai sesuai Surat Edaran Majelis Desa Adat (MDA) Kota Denpasar Nomor: 60/MDA-KOTA DPS/VIII/2021 tentang pelaksanaan Rahina Suci Saraswati, Banyupinaruh, dan Pagerwesi pada situasi pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4 Agustus 2021. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *