Aplikasi ganecadigital.com, Permudah Siswa dan Mahasiswa Dapatkan Buku Pelajaran

Aplikasi ganecadigital.com, Permudah Siswa dan Mahasiswa Dapatkan Buku Pelajaran

Foto: Suasana seminar innopreneur dan netpreneur "Mengupas Tuntas Manfaat Ekonomi Digital", yang dirangkai dengan peluncuran aplikasi ganecadigital.com, yang dilaksanakan di Sasana Budaya Kertalangu, Denpasar.

Ganeca Digital meluncurkan sebuah aplikasi yang dinamakan ganecadigital.com, Sabtu (8/6), di Sasana Budaya Kertalangu, Denpasar. Acara peluncuran juga dirangkaikan dengan seminar innopreneur dan netpreneur yang mengangkat tema, “Mengupas Tuntas Manfaat Ekonomi Digital”.

Seminar dan acara peluncuran ini diikuti siswa dari SD, SMP, SMA/SMK, guru, mahasiswa, dosen, orang tua siswa, pengusaha, calon pengusaha, para pensiunan ASN, dan masyarakat umum. Hadir pula anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih, tokoh pendidikan Anak Agung Tini Rusmini Gorda, serta pelaku usaha yang juga dikenal sebagai pengarang buku I Putu Suasta, M.A.

Narasumber dalam seminar ini antara lain, Founder Ganeca Digital yang juga mantan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ekonomi Kreatif Ir. I Ketut MB Suardhana, Dosen STIKOM Bali IGKG Puritan Wijaya, ADH., S.Kom., MMSI., dan Founder PT Bamboo Media, sebuah perusahaan pembangunan aplikasi dan software Putu Sudiarta, S.Kom.

Aplikasi ganecadigital.com disambut positif dan antusias peserta. Tak sedikit dari mereka yang hadir memberikan masukan, saran, dan ide untuk kemajuan mutu pendidikan di Indonesia.

Aplikasi ganecadigital.com hadir untuk menjawab permasalahan para orang tua siswa saat mencari buku pelajaran yang biasa terjadi menjelang tahun ajaran baru. Biasanya para siswa dan orangtua akan disibukkan dengan agenda mencari buku-buku pelajaran wajib dan buku-buku bacaan tambahan/buku pengayaan. Namum mulai tahun ajaran baru nanti para siswa dan orangtua tidak perlu khawatir dan bingung, karena kini dengan aplikasi ganecadigital.com dapat dengan mudah mengunduh/download buku-buku yang diwajibkan secara gratis. Bahkan kerennya, disetiap bab telah dilengkapi dengan animasi video yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Foto: Founder Ganeca Digital, Ir. Ketut MB Suardhana.

“Visi besar kami adalah mengatasi kesenjangan pendidikan antar wilayah di Indonesia dengan cara mempermudah anak didik dan mahasiswa mendapatkan buku-buku pelajaran dengan harga yang sangat murah bahkan ada yang gratis sehingga proses belajar mengajar di sekolah maupun di kampus bisa berlangsung dengan baik dan sempurna tanpa ada kendala bahan-bahan ajar,” jelas Ketut MB Suardhana.

Diterangkan juga, pada tahap awal peluncuran ini, baru tersedia sekitar 2.070 judul yang terdiri dari semua buku-buku pelajaran wajib sesuai kurikulum pemerintah 2013 dan kurikulum KTSP 2006 mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, buku-buku kesetaraan siswa non formal, buku-buku pramuka dan buku-buku bacaan serta buku keterampilan penunjang pelajaran wajib.

Tahap berikutnya di bulan Agustus 2019 menjelang dimulainya masa perkuliahan, akan diluncurkan lagi buku-buku untuk mahasiswa dari berbagai jurusan mulai dari D1 sampai S3, jurnal-jurnal ilmiah dan diktat-diktat kuliah lainnya. Paralel dengan diluncurkannya buku-buku perkuliahan, akan diluncurkan juga buku-buku bacaan pengetahuan umum, sastra, cerpen, buku-buku pariwisata, dan lainnya.

“Silahkan bagi penulis atau pengarang buku berlomba-lomba mengirimkan naskahnya ke ganecadigital.com untuk diterbitkan,” ucap Suardhana.

Sementara itu, beberapa tokoh sangat mengapresiasi diluncurkannya aplikasi ganecadigital.com ini. Salah satunya tokoh pendidikan Anak Agung Tini Rusmini Gorda. Ia mengatakan aplikasi ini akan meringankan tugas dosen dan juga mahasiswa mencari kajian teori ada jurnal nasional dan internasional.

“Ini sangat bagus. Kami siap untuk bersinergi dengan Ganeca Digital,” sebut perempuan yang juga aktif di berbagai organisasi ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *