Apresiasi 100 Hari Kerja Kapolri, Togar Situmorang Harap Polri dan Advokat Bersinergi Tegakkan Keadilan

Apresiasi 100 Hari Kerja Kapolri, Togar Situmorang Harap Polri dan Advokat Bersinergi Tegakkan Keadilan

Penabali.com – Ada dua momen penting pada bulan Mei bagi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Pertama, kapolri termuda ini genap berusia 52 tahun pada hari Rabu, 5 Mei 2021. Kedua, 100 hari Jenderal Listyo menjabat sebagai Kapolri jatuh pada hari Jumat, 7 Mei 2021.

Praktisi hukum Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP., C.Med., CLA., menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Advokat sarat pengalaman ini juga mengucap syukur dan doa kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo agar senantiasa diberikan kesehatan serta kesuksesan dalam memimpin institusi Polri.

“Beliau itu orang hebat, cerdas, jelang 100 hari kerja beliau sebagai Kapolri banyak sekali kinerja positif yang sudah dilakukan,” kata Togar Situmorang di Denpasar, Kamis (06/05/2021).

“Meski usia yang tidak muda lagi tapi semangat beliau sangat luar biasa dengan terus berinovasi untuk kemajuan Polri,” sambung Togar.

Ia menuturkan, dalam 100 hari kerjanya Kapolri Jenderal Listyo telah mengunjungi sejumlah provinsi bersama Panglima TNI dalam kaitan memastikan pelaksanaan program nasional vaksinasi Covid-19 berjalan lancar.

Menurut Togar Situmorang, sebagai mitra kerja kepolisian, profesi advokat atau praktisi hukum juga siap bersinergi dengan aparat hukum didalam menegakkan keadilan.

“Kita harapkan polisi bisa saling menghormati dan menghargai rekan sejawatnya yaitu kami para advokat. Dimana sekarang ini banyak advokat sering mendapatkan kriminalisasi. Kami para advokat bekerja berdasarkan surat kuasa dan perjanjian jasa hukum, dan dalam menjalankan itu kami mengenal amanah officium nobile,” tutur Togar.

Apalagi didalam menjalankan kuasa tersebut sudah ada putusan dari pengadilan, dimana isi putusan pengadilan itulah yang akan dihormati dan dijalankan serta dipegang marwahnya oleh advokat tersebut.

Menurut Togar, sangat disayangkan apabila advokat yang telah menjalankan kewajibannya sebagai seorang advokat sudah berjalan dengan baik malah disalahgunakan dimanfaatkan untuk dikriminalisasi.

“Yang namanya seorang advokat bekerja berdasarkan surat kuasa dan surat perjanjian jasa hukum apabila masyarakat merasa ada sesuatu hal yang dirugikan itu dilaporkan dulu kepada organisasi advokat yang menaunginya. Kecuali sang advokat itu melakukan pidana umum,” terang advokat dengan sederet prestasi dan penghargaan itu.

Karena itu harap Togar, harus dibuat aturannya kalau perlu diatur didalam Perkap (Peraturan Kapolri) sehingga apabila ada yang menyangkut tentang advokat, itu tidak gampang dipanggil-dipanggil. Sehingga yang namanya diskresi pengadilan jangan sampai disalahgunakan oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Semoga Polri di bawah kepemimpinan Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit kedepannya bisa menyampaikan dan menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan, dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Salam Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan),” tutup CEO & Founder Law Firm “TOGAR SITUMORANG“ ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *