Bali Buka Pariwisata Domestik, Ini Saran “Panglima Hukum” Togar Situmorang

Bali Buka Pariwisata Domestik, Ini Saran “Panglima Hukum” Togar Situmorang

Foto: Pemerhati kebijakan publik, Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP.

Per tanggal 31 Juli 2020, Bali kembali membuka tatanan kehidupan era baru di sektor pariwisata domestik. Sebelumnya, tatanan kehidupan era baru tahap pertama telah dibuka yang membolehkan kegiatan beraktivitas hanya untuk masyarakat atau warga lokal di Bali saja. Pada tahap ketiga di bulan September nanti, tatanan kehidupan era baru akan diperluas lagi dengan membuka pariwisata mancanegara.

Pemerhati kebijakan publik Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP., mendukung dibukanya kembali akses pariwisata di Bali meski dilakukan secara bertahap. Sebab, dalam lima bulan terakhir perekonomian di Bali merosot tajam akibat wabah pandemi covid-19.

“Namun yang wajib diingat dan dilakukan adalah masyarakat semuanya siapapun harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ekonomi penting kita buka agar Bali bangkit lagi tapi faktor kesehatan jangan diabaikan. Kesehatan dan ekonomi harus jalan beriringan,” kata Togar Situmorang, Selasa (04/08/2020), di Denpasar.

Pria yang juga seorang advokat ini menyarankan apabila sudah menerapkan new normal, pemerintah pusat dan daerah harus segera berkolaborasi dan bersinergi melakukan antisipasi dan promosi secara tepat untuk mendatangkan kunjungan wisatawan. Misalnya dengan memberikan aturan sementara untuk berwisata di dalam negeri, sehingga penduduk Indonesia tidak berkunjung ke luar negeri sehingga pariwisata domestik dapat bangkit dan bergairah kembali.

“Kita bangkitkan ekonomi di dalam negeri dengan berwisata ke tempat-tempat indah yang ada di seluruh nusantara. Jika semuanya sudah normal, protokol kesehatan dijalanin dengan disiplin kita semua siap menerima wisatawan mancanegara, Dengan begitu perlahan tapi pasti kita akan bangkit dari keterpurukan ini,” tutup Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *