Daftarkan Diri Sekarang! Bali Cycling Marathon 2021, Bersepeda Sambil Berwisata di Bali dengan Konsep “Leisure Sport”

Daftarkan Diri Sekarang! Bali Cycling Marathon 2021, Bersepeda Sambil Berwisata di Bali dengan Konsep “Leisure Sport”

Foto (ki-ka): Ketua Panitia BCM 2021 Komang Takuaki Banuartha, Kadispar Bali I Putu Astawa, dan Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Made Rentin, Selasa (06/04/2021) di Denpasar.

Penabali.com – Sukses pada penyelenggaraan di tahun 2020, Bali Cycling Marathon (BCM) kembali digelar pada tahun 2021. Menariknya, event yang digelar ditengah pandemi Covid-19 ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai salah satu event yang akan dijadikan percontohan event-event serupa di masa pandemi di Indonesia.

“Bali yang bergantung pada sektor pariwisata harus terus didorong untuk melaksanakan potensinya melalui atraksi-atraksi wisata,” kata Ketua Panitia BCM 2021 Komang Takuaki Banuartha didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, dan Sekretaris Penanganan Covid-19 Provinsi Bali sekaligus Kepala BPBD Provinsi Bali I Made Rentin dalam keterangan persnya kepada awak media di Sanur, Selasa (06/04/2021).

Ia menambahkan, BCM merupakan event yang menggabungkan aktivitas bersepeda sekaligus berwisata karena tujuan dari event ini untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali khususnya dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Pria yang biasa disapa Komang Banu ini menuturkan, BCM 2021 hadir dengan konsep yang lebih tertata dan menarik dengan tetap memanfaatkan wisata budaya Bali dalam kemasan konsep Leisure Sport.

Dengan konsep tersebut, BCM 2021 ingin membawa peserta berkeliling menikmati Pulau Bali karena event ini terbagi dalam 3 rangkaian acara utama. Yaitu, BCM2021 Journey Series, BCM2021 Virtual Edition, dan event utama yakni Bali Cycling Marathon 2021.

Ke-3 rangkaian acara utama BCM 2021 itu, terdiri dari:

1. BCM2021 Journey Series.

Yaitu bersepeda maraton dengan jarak tempuh minimal 84 km, dan setiap series-nya hanya diikuti 50 peserta. Jadwalnya sebagai berikut:

* Nusa Penida – All Bike Series (10 April 2021)

* Bali Selatan – Seli Bike Series (1 Mei 2021)

* Bali Berat – Fixed Gear Bike Series (5 Juni 2021)

* Bali Timur – Road Bike Series (3 Juli 2021), dan

* Bali Tengah – Mountain Bike Series (31 Juli 2021).

2. BCM2021 Virtual Edition

Rangkaian event ini digelar pada 17 Agustus 2021 sampai 9 September 2021. Target pesertanya 1.000 pesepeda di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis sepeda dan terbuka untuk umum baik perorangan maupun komunitas. Minimal umur peserta adalah 17 tahun. Acara bersepeda ini akan berlangsung selama 23 hari, dapat dilakukan dimana saja sesuai daerah asal peserta dengan jarak tempuh minimal 42,2 km dan maksimal 1.000 km. Pencatatan waktunya direkam secara digital melalui aplikasi yang terhubung otomatis dengan akun panitia.

3. Bali Cycling Marathon 2021 – Big Event

* Medium Track #A: Nusa Penida (16 Oktober 2021)

* Medium Track #B: Bali (17 Oktober 2021)

* Long Track: Nusa Penida – Bali (16-17 Oktober 2021).

Foto: Ketua Panitia BCM 2021, Komang Takuaki Banuartha.

Komang Banu menjelaskan, BCM 2021 akan melibatkan atlet sepeda serta selebriti untuk ikut berolahraga sekaligus berwisata serta bersama-sama membangkitkan pariwisata olahraga (sport tourism) di Bali khususnya pariwisata olahraga bersepeda.

“Event ini juga kami kolaborasikan dengan aktivitas lingkungan dengan menyediakan water station di beberapa lokasi di Bali dan Nusa Penida agar peserta, panitia maupun masyarakat bisa mengisi ulang botol minum mereka sehingga akan mengurangi penggunaan botol plastik, ini sejalan juga dengan komitmen Gubernur Bali Bapak Wayan Koster agar Bali bersih dari sampah plastik,” terangnya.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh tiket Journey Series Nusa Penida sudah bisa didapat melalui loket.com atau bisa dicek melalui website resmi www.balicyclingmarathon.com.

Event ini didukung juga Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Kemenparekraf, Kemenpora, dan turut disupport sejumlah sponsor dan media partner.

“Sebagai wujud komitmen kita bersama, BCM 2021 juga mewajibkan semua peserta untuk menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen, dan ini sangat diapresiasi Sekretaris Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Bapak Rentin, dan Kadisparda Bali Bapak Putu Astawa. Terima kasih atas dukungannya dan semoga event ini berjalan lancar dan sukses,” harap Komang Banu. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *