Demi Keselamatan Warga, Sejumlah Pohon Perindang di Denpasar Dipangkas

Demi Keselamatan Warga, Sejumlah Pohon Perindang di Denpasar Dipangkas

Perompesan ranting pohon perindang oleh DLHK Kota Denpasar. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya, Pemkot Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kembali mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan.

Upaya diambil mengingat musim penghujan sangat berpotensi terjadi angin kencang sehingga akan rawan terjadi ranting pohon patah ataupun pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan warga.

“Selain itu, saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka DLHK secara intensif melaksanakan perompesan pohon yang terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan bebah pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang,” jelas Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Senin (13/09/2021).

Birokrat yang akrab disapa Gustra ini menambahkan, perompesan pohon perindang, selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

“DLHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar, besar harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Dalam perompesan ini, DLHK menyiapkan 4 regu. Satu regu beranggotakan 8 sampai 10 orang yang rutin tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon.

“Nanti jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilakukan perompesan,” pungkasnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *