Hari Guru ke-74 Tahun 2019, Togar Situmorang: “Hormatilah gurumu”

Hari Guru ke-74 Tahun 2019, Togar Situmorang: “Hormatilah gurumu”

Foto: Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P.

Pengamat kebijakan publik yang juga seorang advokat, Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., mengatakan guru atau tenaga pendidik termasuk profesi mulia. Karena dari tangan seorang guru akan lahir sumber daya manusia yang berpendidikan.

“Guru adalah patriot bangsa, dan kita bisa seperti sekarang juga berkat jasa guru. Karena itu mari kita hormati guru yang telah mendidik kita,” ujar Togar Situmorang di Denpasar, Selasa (26/11/2019), ketika mengomentari Hari Guru Nasional ke-74 tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 25 November.

Ibarat sepenggal lirik lagu Iwan Fals yang berjudul Guru Oemar Bakri, “Jadi guru jujur berbakti memang makan hati Oemar Bakri, Oemar Bakri Banyak ciptakan menteri Oemar Bakri Profesor, dokter, insinyur pun jadi Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri Seperti dikebiri?”. Menurut Togar Situmorang, pemerintah wajib memperhatikan kesejahteraan guru. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, telah diatur bagaimana upaya pemerintah untuk mengangkat derajat kesejahteraan para tenaga pendidik di Indonesia.

“Kesejahteraan guru wajib diperhatikan. Jangan sampai guru mengajar tapi kesejahteraannya kurang diperhatikan,” kata advokat dengan sederet prestasi dan penghargaan ini.

Di era kekinian, kata Togar Situmorang, guru dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya. Terlebih di jaman digital saat ini, kemudahan mengakses informasi tentu akan menjadikan dunia pendidikan tak lagi menggunakan pola-pola pengajaran yang “manual”. Siswa menurutnya, kini bisa belajar dari internet, dan sosial media.

“Guru jaman sekarang harus meng-upgrade kualitas dirinya, jangan gaptek. Ini jaman revolusi industri 4.0 guru harus visioner,” kata Togar Situmorang yang juga Ketua Pengkot Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *