HUT ke-71 Penerangan TNI AD, Pendam Udayana dan Media Massa Perkuat Sinergi Membangun Bangsa

HUT ke-71 Penerangan TNI AD, Pendam Udayana dan Media Massa Perkuat Sinergi Membangun Bangsa

Ziarah dan Tabur Bunga Penerangan Kodam IX/Udayana di TMP Pancaka Tirta, Tabanan. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Penerangan Angkatan Darat merupakan salah satu organisasi TNI AD dan sesuai penetapan Kasad Nomor 8/Kasad/Pnt/1951 tanggal 13 Januari 1951. Organisasi penerangan mempunyai fungsi dan peran semakin diperlukan eksistensinya terutama di lingkungan TNI-AD, sehingga atas dasar penetapan tersebut setiap tanggal 13 Januari ditetapkan sebagai Hari Jadi Penerangan TNI-AD.

Satuan Penerangan Kodam (Pendam) IX/Udayana yang merupakan badan pelaksana di tingkat Kodam dan berkedudukan langsung di bawah Pangdam. Tugas pokoknya adalah menyelenggarakan fungsi penerangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD dan Kodam IX/Udayana dalam menyampaikan informasi secara benar dan profesional terkait citra TNI AD khususnya di Kodam IX/Udayana kepada masyarakat luas.

Perayaan puncak HUT ke-71 tahun 2022 kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, dengan rangkaian kegiatan diawali ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan.

Kapendam IX/Udayana, Letkol Kav Antonius Totok Y.P., saat acara syukuran puncak peringatan HUT ke-71 Penerangan TNI AD Tahun 2022 yang digelar secara sederhana yang diikuti seluruh anggota Pendam IX/Udayana dan dihadiri perwakilan media cetak, elektronik dan online, bertempat di Aula Wartawan Pendam IX/Udayana, jalan Udayana No.1, Denpasar, Kamis (13/1/2022).

Dalam acara syukuran tersebut, Kapendam membacakan amanat Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna, diawali mengucapkan Dirgahayu Penerangan TNI Angkatan Darat, disertai doa dan harapan agar Penerangan TNI Angkatan Darat semakin maju dan profesional dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan pengabdiannya, sehingga mampu berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra positif TNI dan TNI AD di masyarakat, sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap institusi TNI dan TNI AD,” ucap Kadispenad.

Kepada seluruh insan penerangan, Kadispenad meminta agar terus berkarya, menggali potensi diri, sehingga dapat menggelorakan semangat untuk berinovasi guna mengembangkan kreativitas dalam rangka memajukan instansi Penerangan di lingkungan Angkatan Darat, sejalan dengan tema HUT tahun ini yakni “Penerangan TNI AD, Adaptif dan Profesional”.

Kapendam IX/Udayana, Letkol Kav Antonius Totok Y.P., saat acara syukuran puncak peringatan HUT ke-71 Penerangan TNI AD Tahun 2022. (foto: ist.)

“Adaptif bermakna terus menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan kebijakan pimpinan guna mengoptimalkan fungsi-fungsi Penerangan guna mendukung TNI AD dalam rangka melaksanakan tugas pokok dengan terus meningkatkan profesionalitas yang dimiliki,” kata Kadispenad.

Mengakhiri amanatnya, Kadispenad menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan media baik media cetak, elektronik maupun online, dimana pun berada.

“Kami menyadari bahwa tugas satuan Penerangan TNI AD tidak akan berjalan optimal tanpa dukungan dari rekan-rekan media. Semoga kerja sama ini dapat terus kita pelihara dan tingkatkan demi pengabdian kita bersama kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapendam juga menyampaikan Penerangan Kodam IX/Udayana akan mewujudkan informasi yang nyata sebagai pertanggungjawaban TNI AD kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk membangun dalam rangka menjaga dan menegakkan kedaulatan bangsa dan negara.

“Memaknai HUT kali ini, mari kita membangun karakter, sumber daya manusia agar siap secara kedalam untuk melaksanakan tugas Penerangan Kodam, kemudian untuk keluar yakni bekerjasama dengan seluruh media lokal dan nasional dalam menyampaikan dan mempublikasikan informasi dalam membangun citra TNI dan TNI AD,” ajaknya.

“Tantangannya untuk menjadi adaptif itu tidak gampang apalagi menjadi profesional, sehingga diharapkan kepada insan Penerangan Kodam agar melaksanakan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab dan secara benar dalam menyampaikan serta mempublikasikan informasi dan penerangan dalam membangun citra TNI dan TNI AD,” tutupnya. (Pendam IX/Udayana)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *