Keseruan Lomba Memasak Peserta Laki-laki di Desa Sidakarya

Keseruan Lomba Memasak Peserta Laki-laki di Desa Sidakarya

Aktivitas memasak cenderung digemari kaum perempun. Namun apa jadinya jika memasak justru dilakoni bapak-bapak. Di Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, mengadakan berbagai macam lomba salah satunya Lomba Memasak berbahan dasar ikan, yang pesertanya diikuti bapak-bapak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, di Kantor Desa Sidakarya, Minggu (22/12/2019).

“Kami mencoba sesuatu yang unik karena biasanya lomba memasak itu pesertanya ibu-ibu. Di Hari Ibu tahun ini kami mengajak bapak-bapak ikut Lomba Memasak, sangat seru dan semarak,” ujar Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Rena, disela acara.

Selain Lomba Memasak, juga digelar aneka lomba lainnya. Seperti Lomba Ngulat Tipat Sidapurna, Lomba Tipat Dampul, Ngulat Tipat Pengambean, Tipat Bagia, Tipat Sari, Lomba Membuat Lamak yang pesertanya diikuti Sekeha Teruna se-Desa Sidakarya. Kemudian ada Lomba Membuat Sampian Calang yang pesertanya anggota PKK Desa Sidakarya.

“Kami sengaja membuat lomba yang bernuansa kearifan lokal agar khususnya para generasi muda di Desa Sidakarya tahu bagaimana membuat atau mengulat tipat untuk keperluan upakara, sekaligus kita melestarikan budaya Bali,” jelas mantan Kadus Graha Santi, Sidakarya ini.

Dari semua lomba yang digelar, nampak Lomba Memasak berbahan dasar ikan yang diikuti bapak-bapak cukup menyita perhatian warga. Bagaimana tidak. Mereka harus mampu mengolah dan memasak ikan dengan baik sehingga menghasilkan masakan dan citarasa serta sajian yang menarik.

Setelah melalui penilaian yang cukup ketat, dewan juri akhirnya memilih peserta dari Dusun Kerta Sari sebagai juara pertama. Kemudian diikuti Dusun Sekar Kangin ditempat kedua dan Dusun Kerta Petasikan harus puas di posisi ketiga.

“Selamat kepada para pemenang. Ke depan kita akan rancang kegiatan yang lebih menarik dan mendidik untuk memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara seluruh warga Desa Sidakarya,” kata bapak dua anak ini.

Pada kesempatan tersebut Perbekel Desa Sidakarya I Wayan Rena, juga menyerahkan bantuan alat Posyandu antara lain alat timbangan bayi digital ke Posyandu Dusun Graha Santi, Dusun Sari, dan Dusun Graha Kerti. Alat timbangan gantung kepada Posyandu Dusun Kerta Dalem. Alat permainan edukatif kepada Posyandu Dusun Sari dan Dusun Graha Kerti serta meja untuk Posyandu Dusun (Suwung Kangin).

“Momen Hari Ibu ini kita juga barengi dengan menyerahkan bantuan sembako bagi 50 peserta penyandang masalah kesejahteraan sosial Desa Sidakarya Tahun 2019,” sebut Rena.

Hadir dalam kegiatan ini BPD Desa Sidakarya, Ketua TP PKK Kecamatan Denpasar Selatan Ny. Ni Made Narthiani Budha, Ketua TP PKK Desa Sidakarya Ny. Sari Rena, anggota PKK Desa Sidakarya, Perangkat Desa dan Staf, Ketua LPM Desa Sidakarya dan seluruh peserta lomba kegiatan Hari Ibu. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *