Kompetensi Motivator Taruna Taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara

Kompetensi Motivator Taruna Taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara

Foto (ist) SMK Penerbangan Cakra Nusantara.

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19, maka dalam kondisi belajar dari rumah, sekolah dan peserta didik diberi ruang untuk melengkapi portfolio evaluasi selain penilaian akhir semester yang bersifat daring/online yaitu untuk semester ini adalah penugasan dan presentasi menjadi motivator.

Di masa pandemi ini dimana banyak keluarga merasakan kecemasan yang berlebihan, kesehatan mental menurun, hal itu bisa berimbas kepada turunnya daya tahan tubuh, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Reaksi umum ini terjadi akibat adanya berita-berita mengenai covid-19. Dalam situasi demikian, keterampilan motivator sangat diperlukan guna menjaga karakter semangat untuk selalu optimis dan selalu bisa melihat solusi serta menimbulkan daya dorong untuk cepat beradaptasi dengan situasi dari setiap keadaan yang berubah secara cepat.

Hal inilah yang kemudian menjadi bagian dari upaya pemuda harus memberi kontribusi dan menjadi solusi sehingga dengan keterampilan motivator ini, selain bisa memotivasi diri sendiri, juga saling memotivasi teman-teman sekelasnya, sekelompoknya, keluarganya dan saudara dekatnya serta masyarakat sekitarnya sehingga terjadi vibrasi positif di area dimanapun dia berada.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Ni Luh Gede Dhanayasa, M.Pd., menyatakan saat ini karakter dan kompetensi merupakan hal utama. Keterampilan tidak sebatas hal teknis dan kognitif tetapi juga keterampilan lunak seperti empati, kreativitas, kemampuan berkomunikasi dan memotivasi diri serta orang terdekat.

“Di SMK Penerbangan Cakra Nusantara hal tersebut telah diimplementasikan dalam pola dan design pengajarannya”, kata Luh Dhanayasa.

Dikatakan juga, SMK Penerbangan Cakra Nusantara mencetak generasi berprestasi. Dimana 64% alumni SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah terserap di dunia kerja diantaranya di dunia penerbangan serta industri lainnya, dan 34% lainnya melanjutkan berwiraswasta.

Didukung infrastruktur, sarana prasarana, tenaga guru, dan sumber daya manusia yang kompeten, SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah meraih Akreditasi A Unggul dengan lulusan berdaya saing tinggi dan siap kerja.

Bahkan sekolah berbasis industri dan berwawasan internasional ini memiliki mobil simulator pesawat pertama dan satu-satunya di Indonesia mengantongi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lisensi Nomor: KEP.0078/BNSP/I/2020, Lembaga Diklat Profesi (LDP) NIB Nomor 9120306952266 SKT Kemenkumham Nomor AHU-0038837-AH.01.14/2019. Bursa Kerja Khusus SMK Penerbangan Cakra Nusantara Ijin Nomor 250/2/5419/DT/DPMPTSP/2017.

“Sekolah ini menjadi solusi aman dan sehat melewati masa muda, terampil lebih cepat dan sukses lebih awal”, ujar Luh Dhanayasa.

“Ayo segera dapatkan fasilitas pendidikan dan praktek di bidang penerbangan, kebandaraan dan kedirgantaraan dengan teknologi terupdate serta dapatkan beasiswa senilai 19,5 juta rupiah hingga Mei 2020 sehingga terampil lebih cepat sukses lebih awal karena seluruh Taruna-Taruni adalah Juara”, ajaknya semangat.

Di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, para Taruna dan Taruni dapat memilih 4 program keahlian yang bergerak di bidang penerbangan, kebandaraan dan kedirgantaraan. Diantaranya Airframe and Power Plant, Electrical Avionics, Teknik Transmisidan Telekomunikasi (Penerbangan) dan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara).

Mengingat masih dalam masa pandemi covid-19, maka SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan protokol kesehatan cegah covid-19 dengan membuka pendaftaran online ke 081 237 098 090 dan website WWW.PPDBSMKPENERBANGAN.COM

SMK Penerbangan Cakra Nusantara beralamat di Jalan Drupadi No 25 (Kampus 1) dan Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar (Kampus 3). (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *