Komunitas Gowes di Bali, Jogja, Bekasi dan Sidoarjo Berbagi Pangan Beri Semangat untuk JRX SID

Komunitas Gowes di Bali, Jogja, Bekasi dan Sidoarjo Berbagi Pangan Beri Semangat untuk JRX SID

Foto: Berbagi pangan gratis jadi ciri khas komunitas bersepeda sekaligus melanjutkan aksi serupa yang selama ini dilakukan JRX SID.

Beragam komunitas bersepeda melakukan kegiatan rutn gowes pada hari Minggu (13/09/2020) sore.

Mengambil start dari Jl. Letda Reta, Denpasar, komunitas penggiat bersepeda ini melewati Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, menyusuri Jalan Diponogoro, Jl. Thamrin, Jalan Gajah Mada.

Mereka sempat berhenti sejenak di titik nol kilometer dan mengabadikan momen di depan Patung Catur Muka sembari membentangkan membentangkan spanduk bertuliskan tagar #BebaskanJRXSID dan #SayaBersamaJRX.

Dari kawasan ikon Kota Denpasar ini, mereka kemudian bergetak lagi untuk kembali ke Jl. Letda Reta. Bukannya beristirahat melepas lelah, para penghobi bersepeda ini langsung melaukan aksi sosial berbagi sesama dengan menyerahkan nasi bungkua dan sayuran gratis kepada warga yang lewat.

“Bersepeda selain mengurangi polusi udara, juga dapat menjaga kebugaran tubuh untuk meningkatkan imun kita, untuk itu kami bersama komunitas sepeda lainnya mengajak masyarakat rutin menjaga kebugaran tubuh salah satunya melalui bersepeda,” ujar I Wayan Eka Putra dari komunitas Hardnumb Rider.

Soal pembentangan spanduk #BebaskanJRXSID #SayaBersamaJRX serta pembagian pangan gratis, Eka menjelaskan bahwa hal tersebut adalah bentuk support kepada JRX SID yang saat ini sedang menjalani proses persidangan.

“Pak De JRX sudah lama menggalakkan kegiatan bersepeda dan ia juga rutin membagikan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan, Pak De JRX memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, saat ini raganya terbelenggu, kami secara swadaya melakukan urunan dan sumbangan dari beberapa pihak terinspirasi untuk meneruskan jiwa kemanusiaannya apalagi dalam kondisi seperti ini kita perlu saling mendukung dan berbagi,” jelasnya.

Di tempat terpisah yakni di Kota Bekasi, Jawa Barat, juga ada aksi serupa yang diinisiasi Solidaritas Peduli JRX Bekasi. Mereka melakukan aksi jalan santai yang dimulai dari Kedai Tokang Ngumpul menuju Taman Grand Galaxy.

Muhamad Lutfi Iskandar mengatakan salah satu motivasi dirinya berserta kawan-kawan Solidaritas Peduli JRX Bekasi melakukan acara seperti ini untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk rajin berolahraga menjaga kebugaran seingga badan menjadi tambah sehat.

Ia juga menyatakan dukungannya kepada JRX SID agar tetap kuat menjalani proses hukum.

“Kami berharap JRX selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi semua ini,” pungkasnya.

Selain di Bali dan Bekasi, aksi yang sama juga dilakukan di Jogjakarta dan Sidoarjo. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *