Konsisten Salurkan CSR, PLN Bali Pasang Target kembali Raih Predikat “Gold” di Ajang BUMN CSR Award 2020

Konsisten Salurkan CSR, PLN Bali Pasang Target kembali Raih Predikat “Gold” di Ajang BUMN CSR Award 2020

Foto (ki-ka): Tim juri IB Putu Sudiarta, Ketua Panitia BUMN CSR Award 2020 Wahyu Widiana, dan Senior Manager Genderal Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Bagus I Putu Priyatna, di Kantor PLN UID Bali, Senin (28/09/2020).

Senior Manager Genderal Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Bagus I Putu Priyatna mengungkapkan kendati penghasilan PLN menurun di masa pandemi covid-19, namun tidak menyurutkan fungsi tanggungjqwab sosial PLN menyalurkan sebagian keuntungannya kepada masyarakat melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

“CSR PLN Bali dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2018 PLN Bali berhasil menyalurkan CSR sebesar 1,6 milyar, lalu tahun 2019 sebesar 1,9 milyar. Kemudian tahun 2020 2,4 milyar dan sudah tersalurkan 93 persen,” jelas Priyatna di Kantor PLN UID Bali, Senin (28/09/2020), saat mendampingi Tim Penilai BUMN CSR Award.

Priyatna mengatakan CSR PLN Bali disalurkan di berbagai sektor seperti pendidikan pelatihan, bantuan bencana alam, peningkatan kesehatan, sarana prasarana umum, perbaikan tempat ibadah, pelestarian lingkungan, dan bantuan pengentasan kemiskinan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

CSR merupakan tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan yang bertujuan agar perusahaan dapat memberi kontribusi untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ajukan nilai CSR tiap tahun ke PLN pusat, disetujui, barulah tanggungjawab ini kami salurkan kepada masyarakat,” kata Priyatna.

Karena konsistensi dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawab sosialnya tersebut, PLN UID Bali pernah menyabet predikat “Gold” dalam penilaian BUMN CSR Award yang diselenggarakan Dewan Perwakikan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Bali.

Predikat tersebut menandakan PLN UID Bali telah melakukan fungsi tanggungjawab sosial dan lingkungannya secara komprehensif. Untuk penilaian BUMN CSR Award Tahun 2020, PLN UID Bali kembali ikut serta. Harapannya, tahun ini bisa kembali meraih predikat “Gold”.

“Pelaksanaan penilaian tahun ini diikuti 27 BMUN yang tersebar di Bali dan berlangsung mulai 28 September sampai 25 November 2020. Puncaknya nanti kami umumkan pada 10 Desember 2020,” terang Ketua Panitia BUMN CSR Award 2020, Wahyu Widiana didampingi salah seorang tim juri, IB Putu Sudiarta.

Ditambahkan, tahun ini ada 18 indikator penilaian yang mencakup aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

“Nanti tiap BUMN ada lima juri yang akan menilai. BUMN yang penyaluran CSR-nya sesuai 18 kategori itu yang terbaik memperoleh predikat gold, silver, dan bronze,” sebut Widiana.

Dijelaskan, dewan juri berasal dari berbagai profesi seperti akademisi, praktisi bisnis, praktisi hukum, praktisi lingkungan, dan jurnalis.

“Kita croscheck apakah BUMN tersebut sudah melaksanakan program sosialnya dan sesuai dengan 18 kategori itu atau masih kurang,” tutupnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *