Kuatkan Mental Spiritual Prajurit, Kodam IX/Udayana Gelar Bintal Fungsi Komando

Kuatkan Mental Spiritual Prajurit, Kodam IX/Udayana Gelar Bintal Fungsi Komando

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., di Makodam IX/Udayana, Kamis (21/3), mengatakan Bintal Fungsi Komando berkaitan dengan pembinaan mental prajurit yang penyelenggaraannya menjadi tanggungjawab unsur Komandan dan Pimpinan satuan masing-masing.

Terkait hal tersebut Kodam IX/Udayana menyelenggarakan Bintal Fungsi Komando setingkat Komandan Regu keatas dengan jumlah peserta 300 orang. Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Optimalisasi Bintal Fungsi Komando Kita Tingkatkan Kualitas Keimanan dan Disiplin Prajurit Untuk Menangkal Radikalisme Guna Mewujudkan Bintal yang Tangguh Bagi Prajurit, PNS Beserta Keluarga”.

Sejalan dengan tema tersebut tujuan pelaksanaan Bintal Fungsi Komando ini adalah untuk meningkatkan dan menguatkan mental spiritual para prajurit jajaran Kodam IX/Udayana dan PNS serta keluarganya dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat serta memiliki ketangguhan dalam menangkal radikalisme,” ujar Kapendam.

Kasubdisbinfung Disbintalad Kolonel CAJ Drs. Abu Haris Mutohar., M.S.I., sebagai narasumber menyampaikan tentang hakekat Pembinaan Mental Fungsi Komando adalah untuk menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dengan tujuan terbentuknya kualitas prajurit yang sesuai dengan nilai-nilai Sapta Marga, sehingga dapat dijadikan sebagai panutan dan pendorong pembentukan watak dan kepribadian Bangsa Indonesia sebagai bangsa pejuang.

Adapun yang menjadi sasaran pembinaan Bintal Fungsi Komando ini adalah Prajurit TNI sebagai perorangan dan dalam hubungan satuan beserta keluarga serta lingkungan sosial tempat tinggal prajurit maupun masyarakat di lingkungan satuan TNI.

Sedangkan komponen Bintal Fungsi Komando meliputi pembinaan mental rohani melalui pendekatan agama masing-masing untuk membentuk dan memelihara serta meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian pembinaan mental ideologi untuk membentuk dan memelihara kesadaran dan kedudukan sebagai warga negara dan bangsa Indonesia yang mengagungkan nilai-nilai Pancasila dalam menjamin keselamatan dan kejayaan bangsa Indonesia, dan yang terakhir adalah pembinaan mental kejuangan dengan tujuan untuk membentuk dan memelihara keyakinan prajurit akan tugas luhur TNI yang telah ditunjukkan dari wakru ke waktu, terpeliharanya tradisi, jiwa korsa dan tekad pantang menyerah, demikian papar Kolonel Abu Haris.

Para peserta cukup antusias mengikuti sosialisasi ini dan terbukti dalam sesi tanyajawab cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada nara sumber, dengan harapan nantinya setelah kembali ke kesatuan masing-masing dapat melaksanakan Bintal Fungsi Komando dengan lebih baik lagi. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *