Lagi, 208 Pekerja Migran Asal Indonesia Tiba di Bali, Dewa Indra: “Astungkara semuanya negatif”

Lagi, 208 Pekerja Migran Asal Indonesia Tiba di Bali, Dewa Indra: “Astungkara semuanya negatif”

Foto: Ketua Harian Gugus Tugas Pelaksana Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Ketua Harian Gugus Tugas Pelaksana Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra meninjau kedatangan Kapal Spectrum of The Seas saat nyandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Sabtu (18/4/2020) siang kemarin.

Kapal pesiar ini yang mengangkut 208 orang pekerja migran asal Indonesia yang datang dari luar negeri wajib melalui protokol pemeriksaan kesehatan, termasuk dilakukan rapid test diatas kapal sebelum sandar di pelabuhan.

“Astungkara semua hasilnya negatif,” kata Dewa Indra.

Selanjutnya dari 208 pekerja migran, 85 orang diantaranya yang berasal dari luar Bali langsung dikembalikan ke daerahnya masing-masing. Sedangkan 123 pekerja migran asal Bali diserahkan kepada kabupaten/kota masing-masing.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat Bali untuk menerima saudara-saudara kita, sahabat-sahabat kita yang pulang ini. Mereka sudah kita tes dan hasilnya negatif. Jadi sesungguhnya tidak alasan untuk menolak kehadiran mereka, saya rasa sikap-sikap demikian adalah sikap yang kurang baik. Mari kita terima bersama, yang penting Gugus Tugas sudah melaksanakan tugas dengan baik sebelum memastikan mereka bisa kembali ke daerah masing-masing,” jelas Dewa Indra.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. I Ketut Suarjaya menerangkan sebelum dikarantina selama 14 hari, para pekerja migran juga wajib melewati pemeriksaan kesehatan tambahan.

“Pemeriksaan ulang berupa pemeriksaan SWAB dan PCR untuk memastikan kembali apakah yang bersangkutan benar-benar negatif dari infeksi virus,” imbuhnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *