Lawan Covid-19, “Panglima Hukum” Togar Situmorang Ajak Masyarakat Pakai Masker

Lawan Covid-19, “Panglima Hukum” Togar Situmorang Ajak Masyarakat Pakai Masker

Foto: Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, menyampaikan bahwa jumlah kasus positif covid-19 di Bali per hari Kamis (23/04/2020) sebanyak 167 orang terdiri dari 8 orang WNA dan 159 WNI.

Bertambahnya angka kasus positif covid-19 khususnya di Provinsi Bali tak boleh dianggap remeh. Apalagi orang yang positif itu terinfeksi datang dari luas negeri maupun daerah terjangkit, termasuk yang tertular melalui transmisi lokal.

Advokat Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP., mengungkapkan rasa prihatin terhadap penyebaran virus corona yang begitu masiv mewabah hampir di seluruh belahan dunia. Menyikapi angka kasus positif covid-19 di Bali yang terus bertambah, menurutnya akibat masyarakat yang masih kurang sadar dan disiplin mematuhi himbauan pemerintah. Antara lain menerapkan social dan physical distancing, menghindari dan tidak menciptakan keramaian, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir. Yang tak kalah penting lagi kata Togar Situmorang, wajib pakai masker baik bagi yang sehat maupun yang sakit.

“Kebijakan dari pemerintah itu sebenarnya kalau kita benar-benar ikuti dan patuhi akan menghasilkan hasil yang maksimal dan berimplikasi yang baik untuk masyarakat kita sendiri. Ayolah jangan membandel atau keras kepala dalam menangani virus corona ini, sebab kita ini berhadapan dengan sesuatu yang tidak kelihatan,” ungkap Togar Situmorang, Kamis (23/04/2020), di Denpasar.

Ketua Hukum RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur ini mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah mewajibkan penggunaan masker bagi siapa pun, termasuk masyarakat yang sedang berada diluar rumah atau di tempat terbuka. Bahkan saat ini pemerintah tengah mempersiapkan kebutuhan masker dalam negeri. Kebijakan yang diambil Presiden Jokowi dilandasi anjuran organisasi kesehatan dunia atau WHO.

“Saat bersidang di pengadilan, ataupun ketika melakukan pendampingan saksi maupun bertemu klien di kantor atau di luar kantor, para advokat dibawah Law Firm Togar Situmorang tetap menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Kami sangat disiplin mematuhi apa yang dianjurkan pemerintah,” jelas advokat yang juga aktif di organisasi olahraga sebagai Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar.

Advokat yang dikenal dermawan karena aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial ini dalam setiap kesempatan selalu mengedukasi masyarakat maupun para kliennya untuk disiplin mematuhi himbauan pemerintah.

“Kami dari Law Firm Togar Situmorang sangat peduli ikut membantu pemerintah melawan pandemi covid-19. Salah satu komitmen kami dengan menyalurkan paket sembako kepada warga kurang mampu. Kami sudah lakukan di Desa Selat Karangasem beberapa hari lalu, dan ini akan kami lanjutkan ke daerah lain di Bali,” beber advokat dengan sederet prestasi dan penghargaan ini.

“Mari kita bekerja sama dan saling bahu membahu membantu pemerintah dengan mematuhi anjurannya dan bersama-sama kita berjuang agar musibah ini segera berakhir,” ajak advokat kelahiran Jakarta dan telah lama menetap di Bali ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *