Lestarikan Kuliner Tradisional, Banteng Moncong Putih Gelar Festival Kuliner Bali 2020

Lestarikan Kuliner Tradisional, Banteng Moncong Putih Gelar Festival Kuliner Bali 2020

Secara serentak di 9 Kabupaten/Kota se-Bali, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali akan menggelar acara Festival Kuliner Bali (FKB) 2020. Festival yang baru pertama kali digelar itu serempak akan dilaksanakan hari Minggu 23 Februari 2020.

“FKB ini juga rangkaian dari Hut ke-47 PDI Perjuangan yang mengusung tema Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional,” jelas Koordinator FKB 2020 I Made Ramia Adnyana didampingi panitia lainnya antara lain Dewa “Jack” Mahayadnya, Ni Made Sumiati, serta Ngurah Hartawan, Jumat (21/02/2020), di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Renon, Denpasar.

Kepada awak media Ramia menjelaskan FKB ini juga untuk mengangkat kuliner tradisional nusantara khususnya Bali ke kancah nasional maupun internasional. Misinya tentu untuk melestarikan sekaligus mengembangkan kuliner tradisional Bali sesuai visi Gubernur Bali Wayan Koster yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali khususnya melestarikan kearifan lokal Jana Kertih.

“FKB ini juga berangkat dari buku yang berjudul Mutiara Kuliner Khas Nusantara warisan Bapak Proklamator kita, Bung Karno,” ujar Ramia yang juga praktisi dan pelaku pariwisata ini.

Bekerjasama dengan Perempuan Sarinah kabupaten/kota, International Chef Association (ICA) BPD BALI, GIPI, PHRI, IHGMA, dan IFBEC, PDI Perjuangan sebagai koordinator membuka kesempatan bagi masyarakat umum baik desa adat, sekeha teruna, komunitas kuliner, hotel dan restaurant serta Ibu-ibu PKK untuk berpartisipasi dalam FKB 2020 ini dan berkompetisi untuk memasak dan menyajikan masakan terbaik dari daerahnya masing-masing.

“Kami menargetkan peserta minimal 100 orang, minimal 15 stand, dan seribuan pengunjung setiap hari,” ucap General Manager Hotel Sovereign ini.

Para peserta nantinya akan dinilai oleh dewan juri dari ICA BPD Bali. Menurut wakil ketuanya I Nyoman Picha, dalam penilaiannya para peserta diberikan durasi tiga jam untuk memasak olahannya seperti ikan, ayam dan unggas lainnya.

“Adapun kategori juara meliputi juara terbaik Best of the Best, juara rasa terbaik The Best Taste, juara penyajian terbaik The Best Presentation, dan juara pelayanan terbaik The Best Service,” ungkap Picha.

FKB 2020 akan dibuka Ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota se-Bali. Sementra untuk lokasi penyelenggaraannya ditentukan DPC PDI Perjuangan masing-masing kabupaten/kota di tempat terbuka dan nyaman. Sedangkan waktu pelaksanaannya serentak pada hari Minggu 23 Februari 2020 mulai pukul 09:00 – 13:00 WITA, kecuali DPC PDI Perjungan Kabupaten Badung menggelar pada sore hari.

Para peserta juga diwajibkan mengenakan pakaian adat madya. Pemenang disediakan piala, sertifikat dan uang tunai. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *