Luar Biasa! Gerakan Kemanusiaan Donor Darah Golkar Bali, Terkumpul 1.000 Lebih Kantong Darah

Luar Biasa! Gerakan Kemanusiaan Donor Darah Golkar Bali, Terkumpul 1.000 Lebih Kantong Darah

Foto: Aksi sosial kemanusiaan donor darah yang diselenggarakan Partai Golkar secara serentak di seluruh Bali.

DPD Partai Golkar Provinsi Bali bersama DPD Partai Golkar kabupaten/kota se-Bali hari ini Minggu (12/07/2020), secara serentak menggelar kegiatan bakti sosial kemanusiaan donor darah.

“Kami mendengar dari masyarakat dan PMI bahwa kita kekurangan stok darah akibat dari pandemi covid-19. Karena itu Partai Golkar merasa terpanggil untuk bergerak cepat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan kantong darah,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Korry, disela bakti sosial.

Sugawa Korry mengatakan, donor darah harus menjadi sebuah gerakan kemanusiaan bukan sporadis tetapi muncul dari hati nurani masyarakyat. Untuk itu, Partai Golkar siap menjadi yang terdepan untuk membantu PMI di Bali dalam memenuhi ketersediaan kantong darah ini.

“Dari laporan yang saya terima sudah ada 1.600 orang pendaftar baik kader, simpatisan dan masyarakat dari seluruh Bali, sehingga kami optimis target 1.000 kantong darah akan terpenuhi bahkan lebih,” imbuhnya.

Sugawa Korry menjelaskan, Partai Golkar dalam rangka ikut mempercepat penanganan pandemi covid-19 telah diinstruksikan oleh DPP Partai Golkar bersama-sama pemerintah untuk bahu membahu mengatasi dampak covid-19. Apa yang dilakukan Partai Golkar dalam aksi sosial kemanusiaan donor darah ini merupakan wujud implementasi dari doktrin karya kekaryaan yaitu Partai Golkar beserta seluruh jajarannya diwajibkan bergerak cepat untuk rakyat dengan melakukan aksi nyata untuk masyarakat.

Berangkat dari hal itu, ucap Sugawa Korry, khususnya Partai Golkar di Bali telah melakukan langkah-langkah nyata dan konkrit ikut membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19.

Antara lain mendistribusikan lebih dari 200 ribu masker kepada seluruh masyarakat dan satgas gotong royong covid-19 di tingkat desa/kelurahan, desa adat bahkan tingkat banjar. Selain itu, papar Sugawa Korry, Partai Golkar juga telah membantu menyalurkan APD (Alat Pelindung Diri) kepada tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas, termasuk menyumbangkan bilik desinfektan di beberapa rumah sakit.

Pada bulan Juni kemarin, Partai Golkar juga telah menggelontorkan 40 ribu paket sembako kepada masyarakat di seluruh Bali dan satgas di desa adat. Bahkan Partai juga telah membentuk satgas bantuan dan konsultasi hukum bagi masyarakat yang terdampak covid-19 yang memerlukan pendampingan hukum.

“Satgas Bakumham Partai Golkar ini didukung sekitar 20 lawyer dan dari laporan yang masuk ada 80 pengaduan yang telah ditangani oleh satgas hukum Partai Golkar,” jelas Sugawa yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Foto: Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Korry.

Implementasi doktrin karya dan kekaryaan Partai Golkar ditengah wabah pandemi covid-19 tak sampai disitu. Secara konseptual, Partai Golkar juga telah merancang strategi pembangunan ekonomi Bali pasca covid-19 yang dilakukan melalui kegiatan Focus Group Discussion, dan beberapa kali menggelar webinar secara virtual.

“Kita tidak boleh berhenti berkreasi meski aktivitas kita dibatasi dan terbatas akibat dampak covid-19. Karena itu Partai Golkar akan terus mengimplementasikam doktrin karya kekaryaan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan membantu pemerintah didalam mempercepat penanganan wabah covid-19 ini,” terangnya.

Aksi sosial kemanusiaan donor darah ini turut dihadiri Walikota Denpasar yang diwakili Sekda Anak Agung Ngurah Rai Iswara, DPP Partai Golkar Dewa Widiasa Nida, Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra, Satgas Covid-19 Partai Golkar, kader dan simpatisan Partai Golkar.

Alit Putra mengungkapkan, PMI di Bali dalam setahun harus menyiapkan kurang lebih 45 ribu kantong darah yang sudah disteril dan siap digunakan. Jika dihitung per bulan sekitar 3.600 kantong darah, atau rata-rata sekitar 120 kantong darah setiap hari.

“Saya mengucapkan terima kasih atas inisiatif Partai Golkar mengadakan aksi donor darah, kami sangat apresiasi. Kami berharap partai politik yang lain ikut tergugah melakukan kegiatan sosial seperti ini yang bermanfaat bagi masyarakat karena setetes darah akan sangat berguna bagi kehidupan,” ungkap Alit Putra. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *