Manfaat Positif Teknologi di Masa Pandemi Covid-19, Agek Parwati: “Teknologi jadi kebutuhan pokok saat ini”

Manfaat Positif Teknologi di Masa Pandemi Covid-19, Agek Parwati: “Teknologi jadi kebutuhan pokok saat ini”

Foto: Ni Wayan Agek Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., CH.

Teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu (Miarso 2007).

Setiap teknologi bisa diciptakan dan juga dikembangankan sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan yang dimiliki manusia. Batasan dari sebuah teknologi hanyalah pikiran manusia. Selama manusia bisa mencari Ide-ide baru maka pengembangan teknologi tidak akan pernah berhenti. Teknologi diciptakan oleh manusia, banyak berhubungan dengan kegiatan praktis yang dilakukan manusia sehari-hari.

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali. Salah satu alasan mengapa perkembangannya sangat pesat adalah karena teknologi memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya membantu dan mempermudah kegiatan atau aktivitas, dapat digunakan oleh bermacam-macam kalangan, mudah dioperasikan, meringankan dan mempermudah pekerjaan, menambah lapangan kerja, dan menyalurkan ide-ide kreatif dan lain-lain.

Menurut salah satu tenaga pendidik, Ni Wayan Agek Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., CH., sejak pandemi covid-19 pola kehidupan masyarakat sangat berubah, termasuk dalam hal kebutuhan manusia terhadap teknologi. Saat ini teknologi bukanlah barang langka tetapi menjadi kebutuhan pokok masyarakat dalam menjalani kehidupan khususnya ditengah pandemi covid-19.

Disamping teknologi yang sudah ada, sekarang banyak sekali berkembang teknologi-teknologi baru. Sehingga sangat mempermudah kinerja manusia dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Misalnya absensi kerja dan sekolah dari rumah, rapat virtual, belanja-belanja online, kegiatan tuttorial melalui online dan lain sebagainya.

“Pandemi covid membuat banyak tenaga kerja yang dirumahkan sehingga mau tidak mau masyarakat butuh penghasilan untuk bertahan hidup. Maka muncullah kreativitas sendiri dari rumah. Ada yang diversifikasi usaha, ada yang jualan kue, jualan masker secara daring semuanya menggunakan teknologi. Hal ini juga nantinya akan mendorong masyarakat untuk membuat teknologi-teknologi baru,” terang perempuan yang biasa disapa Agek Parwati ini, di Denpasar, Sabtu (25/07/2020).

Foto: Ni Wayan Agek Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., CH.

Di era digitalisasi sekarang ini banyak kemudahan yang didapat dengan mengaplikasikan teknologi. Masyarakat bisa mengadakan suatu kegiatan dari jarak jauh tanpa harus bertemu langsung. Termasuk di sektor pendidikan bagi para pendidik yang kurang paham dalam penguasaan teknologi “dipaksa” harus mampu mengoperasikan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh.

“Manfaat positifnya adalah ketika nanti kembali pada situasi normal maka para pendidik dan siswa tentu akan sangat mahir dalam penggunaan teknologi khususnya aplikasi-aplikasi pembelajaran,” ujar guru BK SMK Teknologi Nasional Denpasar ini.

Sampai saat ini kata ibu tiga anak ini, metode online E-Learning masih menjadi pilihan terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Berbagai lembaga pendidikan saat ini mulai memanfaatkan teknologi dan penerapan sistem pembelajaran online untuk menunjang sistem dan aktivitas pembelajaran.

Agek mengungkapkan, E-Learning berbasis web lebih interaktif digunakan dalam proses belajar mengajar jarak jauh. Sehingga proses pembelajarannya bisa berjalan efektif.

“Jenget Prabhu pada sistem MELAH dilengkapi dengan fitur E-Learning, streaming sepuasnya tanpa terbatas waktu akan mempermudah proses belajar mengajar,” tutup Direktur Utama Jenget Prabhu Digital Solution ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *