Merokok di RS, Pelanggar Perda KTR Didenda 200 Ribu

Merokok di RS, Pelanggar Perda KTR Didenda 200 Ribu

Foto: Pelanggar Perda KTR sedang menjalani sidang tindak pidana ringan di Banjar Kelandis, Denpasar, Senin (14/10/2019).

Satpol PP Kota Denpasar kembali menggelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) kepada lima orang pelanggar Perda Nomor 7 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sidang tipiring dilaksanakan di Banjar Kelandis, Denpasar, Senin (14/10/2019), dipimpin hakim I Gusti Ngurah Partha Bhargawa, SH., dan panitera Putu Darmana, SH. Kelima pelanggar Perda KTR tersebut dikenakan denda sebesar Rp.200.000,-.

Kasat Pol PP Kota Denpasar, Dewa Gede Anom Sayoga menjelaskan, para pelanggar Perda tersebut diciduk saat pihaknya menggelar sidak yang menyasar RSUP Sanglah dan Lapangan Lumintang, Denpasar. Dikatakan, sidang tipiring ini merupakan upaya untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang melanggar Perda.

Lokasi sidang yang mengambil tempat di ruang publik merupakan bentuk sosialisasi Perda kepada masyarakat sekaligus menggugah kesadaran warga Kota Denpasar agar tertib aturan.

“Sidak dan tipiring ini bukan untuk mencari kesalahan, melainkan untuk penegakan perda dan mensosialisasikan perda itu sendiri, sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan dan mentaatinya,” jelas Dewa Sayoga.

Lebih lanjut dikatakan, masih adanya laporan dari masyarakat akan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjadikan Sat Pol PP Kota Denpasar gencar melaksanakan sidak. Hal ini juga guna memastikan tidak adanya aktivitas yang justru dapat merugikan dan mengganggu orang lain.

“Sidak akan terus kami lakukan sampai masyarakat paham akan pentingnya taat aturan,” ujarnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *