Ops Gaktib “Waspada Wira Tombak TA 2019”, Jaring Belasan Orang Tidak Bawa KTP

Ops Gaktib “Waspada Wira Tombak TA 2019”, Jaring Belasan Orang Tidak Bawa KTP

Menjelang Natal dan malam pergantian tahun, razia pengamanan makin diintensifkan. Terbukti puluhan petugas gabungan yang dipimpin Dandenpom IX/3 Denpasar Letkol Cpm Harjono Pamungkas Putro merazia sejumlah tempat hiburan malam di wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Operasi mulai dilakukan Sabtu (30/11) malam hingga Minggu (1/12) pagi.

Dandenpom mengatakan selain pengamanan menjelang perayaan Hari Natal dan malam pergantian tahun menyambut tahun 2020, razia dalam rangka Ops Gaktib “Waspada Wira Tombak TA 2019” ini juga sebagai upaya cipta kondisi keamanan menjelang perhelatan konferensi tahunan “Bali Democracy Forum”pada bulan Desember.

“Konferensi nanti akan melibatkan banyak negara, karena itu kondusifitas harus terua kita ciptakan demi kelancaran dan kesuksesan acara nanti,” kata Letkol Cpm Harjono Pamungkas Putro.

Sebelum puluhan petugas gabungan bergerak menuju sasaran, Dandenpom melakukan arahan kepada seluruh personel yang terlibat di halaman depan Mako Denpom IX/3 Denpasar, Sabtu (30/11/2019) pukul 23.00 Wita. Petugas gabungan tersebut terdiri dari Pomdam IX/Udayana, Denpom IX/3 Denpasar, Denpom Lanal Denpasar, Satpom Lanud I Gusti Ngurah Rai, Propam Polda Bali, BNNK Badung, Imigrasi Badung, Satpol PP Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, serta Penrem 163/Wira Satya.

Setelah pengarahan selesai dilakukan, rombongan petugas gabungan mulai meninggalkan Mako Denpom IX/3 Denpasar untuk bergerak ke sasaran. Dengan menggunakan belasan mobil roda 4 dan sebuah bus, puluhan petugas berkonvoi sambil patroli bersama keliling wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Sasaran razia pertama yaitu THM Night Club Mexicola di Jalan Kayu Jati, Petitenget, Seminyak. Selama sekitar 1 jam, puluhan petugas menyisir seluruh area THM berlantai dua yang berkapasitas seribu orang itu. Sasaran berikutnya, petugas gabungan kemudian menuju Delona Karaoke di Jalan Taman Pancing, Pemogan, Denpasar Selatan, Minggu (1/12) dini hari sekitar pukul 01.13 Wita. Ratusan pengunjung baik yang ada di area hall maupun di belasan room diperiksa satu per satu secara intensif dan diminta menunjukkan kartu identiasnya.

Petugas dari BNN Kabupaten Badung menggelandang beberapa pengunjung yang dicurigai ke toilet untuk dilakukan tes urine. Dari pemeriksaan ini tidak ditemukan pengunjung yang menggunakan narkoba. Namun seorang pengunjung asal Bandung kedapatan membawa KTP yang masa berlakunya sudah habis.

Sekitar pukul 02.00 Wita, rombongan petugas gabungan meninggalkan area Delona menuju Karaoke New Bahari di Jalan Gurita, Sesetan, Denpasar Selatan. Selang setengah jam kemudian, tim petugas razia giliran memeriksa ratusan pengunjung yang memadati THM Sandbar yang berlokasi di Jalan Batu Bolong, Canggu Kuta Utara.

Dari keseluruhan operasi yang dilakukan puluhan petugas gabungan, tidak ditemukan pengunjung yang kedapatan membawa barang terlarang maupun menggunakan narkoba, setelah dilakukan tes urine oleh petugas dari BNN. Kendati demikian, operasi ini justru mendapati belasan pengunjung yang tidak bisa menunjukkan kartu identitas diri. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *