Pantun dari Mariyana Wandhira Tutup Pidato Perdana Wali Kota Jaya Negara

Pantun dari Mariyana Wandhira Tutup Pidato Perdana Wali Kota Jaya Negara

Foto: Wali Kota Jaya Negara saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar, Senin (01/03/2021).

Penabali.com – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa “tampil perdana” dihadapan anggota DPRD Kota Denpasar, Senin (01/03/2021. Kehadiran pemimpin anyar Kota Denpasar itu, untuk menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar, sekaligus menyampaikan pidato perdana.

Sidang Paripurna Dewan dipimpin Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede bersama Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira, I Made Mulyawan Arya dan AA Ketut Asmara Putra beserta anggota DPRD Kota Denpasar, Forkopimda Kota Denpasar dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar baik secara luring maupun daring. Turut hadir secara langsung di Gedung DPRD Kota Denpasar Ketua TP. PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua TP. PKK Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua Gatri Wara Ny. Purnawati Ngurah Gede.

Visi pemimpin Kota Denpasar yang lebih populer dikenal dengan jargon Jaya-Wibawa ini, adalah Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar MAJU, Makmur, Aman, Jujur dan Unggul. Dihadapan wakil rakyat Kota Denpasar, Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa visi tersebut merupakan pengejawantahan dan sinergitas dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana guna mewujudkan “Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar MAJU” dengan semangat Vasudhaiva Kutumbakam (Menyama Braya).

Dalam mengaplikasikan visi dan misi Jaya-Wibawa memimpin Kota Denpasar, ada prioritas jangka pendek dan paling utama yang segera dituntaskan. Yaitu percepatan penanganan Covid-19 untuk memulihkan kesehatan dan perekonomian.

“Visi-misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, digerakkan oleh Weda Wakya “Vasudaiva Khutumbakam” yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara. Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan parasparos sarpanaya, salunglung sabayantaka. Semua persoalan yang kita hadapi, mari kita selesaikan bersama-sama dan menyama braya,” ujar Wali Kota Jaya Negara.

Foto (ki-ka): Wakil Wali Kota Agus Arya Wibawa, Wakil Kota Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, dan Wakil Ketua Mariyana Wandhira.

Upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 menjadi prioritas jangka pendek yang akan ditempuh Wali Kota/Wakil Wali Kota Jaya-Wibawa. Pertama, mulai dari stimulus perekonomian termasuk keringanan pajak dan retribusi telah dipersiapkan. Kedua, pelatihan bagi tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja telah dipersiapkan melalui Program Inkubator Pandemi Covid-19. Ketiga, setelah lolos dari Program Inkubator Pandemi Covid-19, akan difasilitasi pemberian modal kerja, sinergitas BPD dan Jamkrida.

Selanjutnya, menyiapkan e-marketplace dengan menggandeng UMKM. Selain itu, program pendampingan bagi UMKM untuk pengembangan produk berstandar ekspor. Serta optimalisasi DNA sebagai ruang bagi startup Denpasar untuk mengembangkan kreatifitasnya dan berbagai program pemulihan ekonomi lainnya.

“Kami adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk seluruh warga Kota Denpasar, bukan golongan atau kelompok tertentu. Amanat warga Kota Denpasar yang diberikan akan kami laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya.

Ada hal menarik dalam Sidang Paripurna kali ini, saat Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira menyela pimpinan sidang ketika akan menutup jalannya Sidang Paripurna Dewan. Politisi Partai Golkar asal Sanur itu, kemudian melantunkan satu pantun yang ditujukan kepada Jaya-Wibawa.

“Asmat Padang Budaya Jawa, Tuai Padi Kata Bersyarat, Sungai Mengalir Muaranya ke Pantai, Selamat Datang Jaya Wibawa, Jadilah Walikota dan Wakil Walikota Rakyat, Jangan Hadir Sebagai Petugas Partai,” ujar Wandhira disambut tepuk tangan hadirin. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *