Peran Ganda “Kartini” di Era Kekinian, Agek Parwati: “Berkaryalah yang positif, tapi jangan abaikan peran utama sebagai ibu rumah tangga”

Peran Ganda “Kartini” di Era Kekinian, Agek Parwati: “Berkaryalah yang positif, tapi jangan abaikan peran utama sebagai ibu rumah tangga”

Ni Wayan Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., CH., saat jadi narasumber dalam dialog yang digelar Repdem Bali, Rabu (21/04/2021). (foto: ist.)

Penabali.com – Raden Ajeng (R.A.) Kartini, menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia. Di era kekinian, para Kartini Indonesia tak hanya berkutat pada ranah domestik (sebagai ibu rumah tangga), melainkan kini merambah ranah publik.

Ni Wayan Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., CH., seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak, menjadikan R.A. Kartini sebagai tokoh yang menginspirasinya, bagaimana di era kekinian seorang perempuan memiliki peran ganda. Ia tak hanya sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi suami dan juga putra putri untuk menyiapkan generasi penerus bangsa, tetapi perempuan juga punya peran untuk membantu menopang ekonomi keluarga. Entah bekerja secara formal maupun informal.

“Perempuan adalah tulang rusuk yang diciptakan mendampingi laki-laki dalam membina bahtera rumah tangga. Namun sekarang, perempuan juga dituntut bagaimana dia bisa memiliki peran ganda, salah satunya ikut membantu menopang ekonomi keluarga,” jelas Parwati Asih yang menjadi narasumber pada dialog yang digelar Repdem Bali dengan topik “Repdem: Hari Kartini, 21 Hari Menginspirasi”, pada Rabu (21/04/2021) di Denpasar.

Perempuan yang biasa dipanggil Agek ini menuturkan, dalam memomentum Hari Kartini ini Ia mengajak para perempuan untuk selalu memanfaatkan kesempatan yang ada dan menangkap segala peluang. Ia mengingatkan agar kaum hawa jangan merasa rendah diri, minder, atau bahkan berkecil hati karena marasa diri sebagai seorang perempuan. Menurutnya, tak sedikit perempuan yang sukses di berbagai dunia bisnis, politik maupun pemerintahan.

“Dengan semangat RA Kartini, kita sama-sama berjuang pada era kita masing-masing untuk perempuan lebih maju kedepannya,” ujar perempuan pengusaha ini.

Agek yang juga Direktur Utama Jenget Prabhu Digital Solution ini menuturkan, perempuan bisa sukses jika dia serius menekuni tiap bidang usahanya. Kendati “terkukung” oleh stigma sebagai seorang perempuan dengan segala rutinitas rumah tangga, namun perempuan sejatinya punya multiperan yang sesungguhnya memberikan nilai lebih tidak hanya bagi diri perempuan tetapi juga bagi keluarga dan lingkungannya.

Ia lantas menceritakan bagiamana dirinya mengatur waktunya sebagai ibu rumah tangga mengurus tiga buah hatinya, juga sebagai seorang tenaga pendidik di sebuah SMK swasta di Denpasar, dan sebagai seorang pengusaha. Belum lagi, ranah publiknya yang kerap disibukkan oleh aktivitas di berbagai organisasi yang ia lakoni.

“Peluang selalu ada di sekitar kita. Jadi mari semangat R.A. Kartini kita teladani, kita hayati, dan kita aplikasikan agar kaum perempuan menjadi tangguh, berani, dan mampu berkarya positif. Tapi ingat, jangan abaikan peran utama perempuan sebagai ibu rumah tangga,” seru srikandi yang saat ini tengah menempuh pendidikan S3 Program Studi Ilmu Pendidikan, Konsentrasi Administrasi Pendidikan di Pasca Sarjana Undiksha. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *