Pertama di Bali, PDIP Gelar Lomba “Utsawa Widyatarka” Susastra Bali Tahun 2021

Pertama di Bali, PDIP Gelar Lomba “Utsawa Widyatarka” Susastra Bali Tahun 2021

Koordinator Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tahun 2021, Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa (paling kiri). (Foto: ist.)

Penabali.com – PDI Perjuangan dalam rangka memeriahkan HUT-nya yang ke-48 Tahun 2021, menyelenggarakan 6 jenis lomba salah satunya Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021.

Menurut koordinatornya, Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa dalam keterangan persnya di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali di Denpasar, Senin (03/05/2021), menjelaskan Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali baru pertama kali dilaksanakan di Bali dan merupakan implementasi Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang telah mengantisipasi permasalahan kebahasaan bahasa, aksara, dan sastra Bali dimulai dari regulasi dan legislasi melalui penerbitan Perda Bali No.1 Tahun 2018 Tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, kemudian Pergub Bali No.80 Tahun 2018 Tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, serta Perda Bali No.4 Tahun 2020 Tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

“Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas, bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali yang terkandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali. Karena itu, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali digadang-gadang sebagai ajang literasi dan moderasi generasi muda Bali di bidang bahasa, aksara, dan sastra Bali serta diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan,” jelas Diah Werdhi.

Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 diikuti siswa/siswi SD, SMP, dan SMA/SMK se-Bali. Diah Werdhi menerangkan, pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 dimulai dari tingkat kabupaten/kota.

Juara I dari masing-masing kabupaten/kota akan menjadi duta kabupaten/kota dalam ajang Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat provinsi. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *