Gencarkan Gerakan “AKUSTIK”, PLN Bersih-bersih Sampah Plastik di Tahura Ngurah Rai

Gencarkan Gerakan “AKUSTIK”, PLN Bersih-bersih Sampah Plastik di Tahura Ngurah Rai

Kegiatan bakti lingkungan bersih-bersih bertajuk "Save Mangrove from Plastic", yang dilaksanakan di kawasan Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai, Jumat (8/1).

Karyawan PLN Unit Induk Distribusi Bali bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Bali Nusa Tenggara, Karang Taruna Denpasar, SMAN 5 Denpasar, dan SMKN 2 Denpasar, melaksanakan kegiatan bakti lingkungan bersih-bersih bertajuk “Save Mangrove from Plastic”, yang dilaksanakan di kawasan Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai, Jumat (8/1).

Menurut GM PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa, menjelaskan kegiatan bakti lingkungan ini merupakan komitmen kepedulian PLN terhadap lingkungan utamanya dalam pengurangan sampah plastik. Dikatakan juga, kegiatan ini merupakan rangkaian lanjutan dari program bebas sampah plastik yang digagas PLN pada saat Hari Listrik Nasional ke-73, 27 Oktober 2018 silam.

Sebagai wujud komitmen PLN mengurangi sampah plastik, dimulai dari internal karyawan PLN dengan meniadakan air kemasan plastik dari gelas maupun botol di lingkungan PLN. “Kami mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan membiasakan pegawai untuk membawa botol minum dan tidak membawa kantong plastik di lingkungan kantor,” ujar Suwarjoni Astawa, disela aksi bersih-bersih sampah plastik.

Pejabat dari Seririt Buleleng ini juga menyatakan, bakti lingkungan bersih-bersih sampah ini merupakan bagian dari program yang baru dicanangkan PLN yakni “Ayo Kurangi Sampah Plasik” (AKUSTIK). Suwarjoni menerangkan, apa yang menjadi komitmen PLN dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat tanpa sampah plastik juga sejalan selurus dengan komitmen Pemerintah Provinsi Bali yang telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 tahun 2018 tentang Pengurangan Timbulan Sampah Plastik.

“Apa yang kami lakukan hari ini adalah bagian kecil dari sebuah usaha kami agar lingkungan kita bersih dari sampah plastik. Kami harapkan dari hal kecil ini akan membawa dampak yang besar apalagi jika dilakukan bersama”, ujar Suwarjoni.

Sementara itu Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Tahura Ngurah Rai Magdalena mengatakan apa yang dilakukan hari ini merupakan langkah bersama untuk menjaga lingkungan.

“Meninggalkan plastik sekali pakai harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, sehingga kedepan sampah plastik tidak lagi menjadi masalah lingkungan”, katanya.

Tidak hanya melakukan pembersihan kawasan mangrove, PLN UID Bali juga memberikan tong sampah kepada BPT Tahura Ngurah Rai. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *