Puluhan UMKM Binaan PT Pegadaian (Persero) Dibekali “Bussines Development”

Puluhan UMKM Binaan PT Pegadaian (Persero) Dibekali “Bussines Development”

Foto: Suasana pembekalan "Bussines Development" kepada puluhan UMKM binaan PT. Pegadaian (Persero).

PT. Pegadaian (Persero) menggandeng Kanwil Ditjen Pajak Bali, memberikan pembekalan (workshop) berupa “Bussines Development”. Acara yang bertajuk, “Pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT. Pegadaian (Persero) dengan Program Business Development Service Direktor Jenderal Pajak”, menyasar puluhan UMKM binaan PT Pegadaian (Persero), dilaksanakan di Harrys Hotel, Jalan Cokroaminoto, Denpasar dari tanggal 4-5 Juli 2019.

“Tujuan pembekalan kepada UMKM tidak lain agar mereka mampu mengelola usahanya secara tercatat,” ujar Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) Kanwil Denpasar, Ketut Winata, disela kegiatan, Kamis (4/7).

Dalam pelatihan kali ini, ada beberapa materi yang disampaikan kepada para UMKM diantaranya pencatatan (bankable), dimana para peserta diajarkan bagaimana usahanya bisa bankable sabagai salah satu syarat jika ingin mendapatkan bantuan modal perbankan.

“Banyak dari mereka yang belum melakukan pencatatan, lagipula belum bisa membedakan mana kebutuhan pribadi dan usaha,” katanya.

Selain itu, peserta juga dibekali materi bagaimana membentuk suatu narasi pemasaran. Hal ini biasanya kerap dihadapi para UMKM ketika akan menembus pasar tertentu.

“Produk bisa dibuat, modal ada, tapi mau dibawa kemana produknya, inilah perlunya mereka belajar membuat narasi pemasaran,” ungkapnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *