Puncak Hari Juang TNI AD, Kodam Udayana Libatkan Yatim Piatu Lintas Agama

Puncak Hari Juang TNI AD, Kodam Udayana Libatkan Yatim Piatu Lintas Agama

Kodam Udayana ajak anak-anak panti asuhan hadiri puncak Hari Juang TNI AD. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Dalam rangka memperingati acara puncak Hari Juang Tantara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Tahun 2021 setiap tanggal 15 Desember, Mabesad menggelar acara doa bersama yang diikuti secara virtual oleh satuan jajaran TNI AD di seluruh Indonesia.

Di tingkat pusat, acara tersebut dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama para Pejabat TNI di Mabesad.

Sementara di Kodam IX/Udayana, acara dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak didampingi para pejabat teras Kodam Udayana yang dilaksanakan di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (15/12/2021).

Puncak peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021 digelar secara virtual dan dilaksanakan sederhana dengan maksud ditengah keperihatinan bangsa akibat pandemi Covid-19. Prajurit TNI Angkatan Darat disamping secara langsung turut serta terlibat dalam penanggulangan Covid-19 dan melalui momentum peringatan kali ini mendoakan agar selalu diberikan kesehatan, kekuatan, kondisi bangsa cepat pulih kembali dan yang terpenting adalah persatuan dan kesatuan bangsa tetap kokoh serta kuat.

Atas dasar itulah, maka Pimpinan TNI AD menganggap ini penting dalam upaya pembinaan motivasi, tradisi dan pelestarian nilai kejuangan serta peningkatan kebanggaan TNI AD, sehingga Pimpinan TNI AD mengeluarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/1000/X/2019 tanggal 29 Oktober 2019 tentang penetapan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Jadi TNI AD dan tanggal 15 Desember sebagai Hari Juang TNI AD.

Dalam acara doa bersama tersebut dengan tidak mengurangi makna peringatan Hari Juang TNI AD, Kodam IX/Udayana juga mengikutsertakan tokoh agama dan anak-anak panti asuhan dari lintas agama yang ada di Provinsi Bali. Diantaranya dari Panti Asuhan Tatwamasi, Anugerah, Sidhi Astu Tuka dan Al Ittihad.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan acara ini merupakan suatu sarana untuk mengenang kembali sejarah lahirnya TNI AD sehingga diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa prajurit-prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada negara dan bangsa memantapkan kemanunggalan TNI AD dengan rakyat guna mewujudkan TNI AD yang kuat.

“Kegiatan ini jangan hanya seremonial saja tetapi ambil hikmah dari Hari Juang TNI AD tahun 2021, dengan meningkatkan amal ibadah kita, teruslah untuk berintropeksi diri dan dekat dengan rakyat,” tegas Pangdam Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *