Rapim Kodam IX/Udayana, Pangdam: Cermati Situasi dan Bangun Sinergitas

Rapim Kodam IX/Udayana, Pangdam: Cermati Situasi dan Bangun Sinergitas

Kodam IX/Udayana melaksanakan rapat pimpinan dipimpin Pangdam Udayana. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Tindak lanjut dari kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD TA 2022 yang digelar di Mabesad beberapa waktu lalu, Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan Rapim Kodam IX/Udayana TA. 2022, yang digelar di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana Nomor 1, Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (17/3/2022).

Kegiatan Rapim yang dibuka secara resmi oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, diikuti seluruh Dan/Ka Balak Kodam IX/Udayana dan jajaran, baik secara langsung maupun secara virtual dengan mengusung tema “Prajurit Kodam IX/Udayana Sejahtera dan Profesional Sebagai Pilar TNI AD dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural di Wilayah”.

Dalam amanatnya, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan Rapim adalah salah satu langkah strategis, sebagai wahana para Dansat untuk dapat berkoordinasi dan berkomunikasi guna membahas program serta strategi dalam menghadapi tantangan kedepan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis terkini, visi misi pemerintah dan berbagai persoalan yang membutuhkan solusi.

“Jadikan Rapat Pimpinan Kodam IX/Udayana ini sebagai forum komunikasi dan koordinasi dalam memantapkan perencanaan untuk pelaksanaan program Kodam IX/Udayana di Tahun Anggaran 2022 ini,” pungkas Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, kegiatan Rapim ini merupakan forum sarana menyampaikan informasi aktual tentang tantangan yang dihadapi termasuk hal menonjol satuan, sehingga dalam pelaksanaan tugas kedepan, program dan kegiatan di satuan jajaran Kodam IX/Udayana dapat berjalan dengan optimal.

Untuk dapat melaksanakan tugas pokok Kodam IX/Udayana, Pangdam menghimbau agar dilaksanakan secara holistik dengan mensinergikan antara kekuatan dan institusi, yang kebijakannya juga terfokus pada output maupun outcome.

“Oleh karena itu, laksanakan koordinasi antar Satuan dan Staf Umum Kodam dengan sebaik-baiknya, sehingga kebijakan yang diambil satuan atas dapat terintegrasi menjadi satu kebijakan yang utuh,” ujar Jenderal Bintang Dua alumni 1990 tersebut.

Terkait perkembangan situasi yang terjadi, Pangdam menegaskan agar lebih ditingkatkannya kembali realisasi kegiatan ketahanan pangan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi masyarakat. Hal ini sudah diwujudkan melalui kegiatan Non Program Pompa Hidram untuk pertanian maupun dalam bentuk pendampingan perternakan Ayam KUB.

“Kedepan, saya perintahkan kepada masing-masing Korem jajaran Kodam IX/Udayana, agar memiliki Pembinaan Teritorial (Binter) Unggulan yang pelaksanaannya dilakukan langsung oleh prajurit untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat,” tegas Pangdam.

Beberapa kebijakan pimpinan TNI AD guna mewujudkan profesionalisme prajurit, juga disampaikan Pangdam, diantaranya kebijakan di bidang perencanaan, intel, operasi, personel, logistik, teritorial, pengawasan, sehingga terwujud kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pimpinan satuan yang selaras dalam mendukung pemerintah dan tegaknya kedaulatan NKRI.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam menaruh harapan kepada seluruh peserta Rapim, agar lebih jeli mencermati perkembangan situasi yang terjadi di wilayah masing-masing, dengan meningkatkan sinergitas bersama aparat pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya, serta memahami dengan benar mekanisme penanganan masalah dan protap-protap yang berlaku.

“Akhirnya, dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Kamis 17 Maret 2022 pukul 08.39 Wita, Rapat Pimpinan Kodam IX/Udayana Tahun Anggaran 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka,” tegas Pangdam menandai dimulainya kegiatan Rapim Kodam IX/Udayana.

Kegiatan tersebut dihadiri Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, para LO Kodam IX/Udayana, para Dan/Kabalak satuan jajaran Kodam IX/Udayana dan secara Virtual juga diikuti oleh Danrem 161/Wira Satya beserta jajaran, Danrem 162/WB beserta jajaran dan Danbrigif 21/Komodo. (Pendam IX/Udayana)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *