Rayakan Ulang Tahun Alm. Ida Cokorda Pemecutan XI di Pantai, Jero Suryaningsih Bagi-Bagi “Angpao” Rp.17 Ribu

Rayakan Ulang Tahun Alm. Ida Cokorda Pemecutan XI di Pantai, Jero Suryaningsih Bagi-Bagi “Angpao” Rp.17 Ribu

Jero Suryaningsih bersimpuh dan memberi sembah kepada Alm. ICP XI tepat di perayaan hari ulang tahun. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Almarhum Ida Cokorda Pemecutan XI atau Anak Agung Ngurah Manik Parasara (ICP XI) pada tanggal 17 April 2022 genap berusia 77 tahun. Di hari yang sama, “orang spesial” bagi ICP XI yakni Ni Komang Suryaningsih juga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-46. Perayaannya dilaksanakan di Wantilan Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Minggu (17/4/2022).

Menurut Suryaningsih, Ia merasa sangat bahagia dan terharu karena sudah bisa mewujudkan salah satu keinginan ICP XI semasa hidupnya yaitu bisa merayakan ultah bersama dirinya sekaligus sebagai ungkapan cinta sejati Suryaningsih kepada sang raja yang kini telah berada di alam berbeda.

“Tiang sangat bahagia sekali bisa merayakan ulang tahun bersama teman-teman dan saudara. Ini adalah keinginan Atu (ICP XI, red) semasa hidup agar bisa merayakan ulang tahun bersama dan astungkara hari ini bisa saya wujudkan walaupun Atu sudah berada di alam berbeda,” tutur perempuan yang akrab dipanggil Jero Suryaningsih ini.

Jero Suryaningaih mencium foto Alm. ICP XI. (foto: ist.)

Dalam perayaan ulang tahun bersamanya ini, Jero Suryaningsih mengundang keluarga, teman, kerabat, dan anak-anak yang sering Ia dijumpai di Pantai Matahari Terbit Sanur selama Jero Suryaningsih “mengunjungi” ICP XI ke segara/pantai hampir setiap 2 hari sekali.

“Tiang selenggarakan di Pantai Segara Matahari terbit karena menurut kepercayaan Hindu dan adat Bali beliau (ICP XI) masih di segara, belum melinggih di Merajan Puri Pemecutan. Karena itu tiang berinisiatif menggelar acara niki di segara atau pantai agar bisa lebih dekat dengan beliau. Dan beliau juga merasa dekat dengan teman-teman dan saudara-saudara beliau untuk bersama-sama merayakan acara ulang tahun niki,” jelasnya.

Perayaan ulang tahun ICP XI dan Jero Suryaningsih dilaksanakan sederhana. Satu tumpeng dan satu kue tart disiapkan. Di tempat perayaan ini, juga terpasang satu spanduk bertuliskan “Happy Birthday Ida Cokorda Pemecutan XI ke-77 (17-4-1945), dan N.K. Suryaningsih ke-46 (17-4-1976)”. Di spanduk ini juga terpampang foto Jero Suryaningsih bersama ICP XI.

Jero Suryaningsih. (foto: ist.)

“Beliau sosok yang hampir tidak ada cacatnya, berwibawa, berkarisma, sosoknya patut kita teladani, semoga beliau bisa menyatu dengan Tuhan,” ujar salah satu teman ICP XI, Agung Putra, saat ditemui di lokasi perayaan.

Pada kesempatan itu, Jero Suryaningsih berbagi kebahagiaan kepada anak-anak yang hadir dengan membagikan angpao berisi uang masing-masing Rp.17 ribu.

“Angka 17 punya makna sangat bagi tiang sareng Atu, kebetulan tanggal lahir dan bulan kami sama,” ungkap Jero Suryaningsih. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *