Rutin Minum Air Kelapa Muda, Ini 5 Kiat Hidup Sehat dan Bugar ala Togar Situmorang

Rutin Minum Air Kelapa Muda, Ini 5 Kiat Hidup Sehat dan Bugar ala Togar Situmorang

Foto: Togar Situmorang rutin berolahraga guna menjaga kebugaran tubuhnya.

Penabali.com – Meski di usia 54 tahun, Togar Situmorang, S.H., C.Med., M.H. MAP., CLA., praktisi hukum dengan kesibukannya yang cukup padat, ternyata masih terlihat bugar dan enerjik. Advokat Indonesia paling fenomenal kelahiran Jakarta yang telah lama menetap di Bali itu, sukses membangun beberapa cabang kantor Law Firm di sejumlah tempat di Indonesia, membagikan kiatnya menjaga kebugaran.

Ditemui di kantornya di Denpasar, Senin (15/03/2021), advokat dengan segudang prestasi dan penghargaan itu menuturkan bahwa Ia gemar mengonsumsi air kelapa muda untuk menjaga kesehatannya.

“Minum kelapa muda bikin badan kita semakin sehat,” ucap Togar Situmorang.

Menurutnya, air kelapa muda memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi tidak hanya itu, advokat yang kerap dijuluki “Panglima Hukum” ini memberikan 5 tips agar tubuh tetap segar setiap saat. Yaitu:

1. Pikiran Positif

Pepatah lama mengatakan bahwa pikiranmu mengontrol tubuhmu. Hal inilah yang sangat dijunjung tinggi oleh Togar Situmorang yang punya prinsip dalam profesinya, yakni Siap Melayani, Bukan Dilayani. Ia mengungkapkan, selalu menyempatkan diri untuk bermeditasi dan menjaga pikirannya untuk selalu positif. Kesehatan jiwa dan pikiran menjadi hal pertama yang wajib dijaga karena inilah pusat dari segala aktivitas manusia.

2. Banyak Minum Air Putih

Ia selalu mengonsumsi banyak air putih untuk selalu menjaga tubuhnya terhindar dari dehidrasi. Karena Ia percaya bahwa mengonsumsi air putih sebanyak 1/32 dari berat badan adalah hal yang benar serta sangat bermanfaat. Berat badan Togar Situmorang sekitar 88 kg, maka dirinya mengonsumsi air putih setiap hari sekitar 3,1 liter. Air putih memang sangat penting untuk menjaga fungsi segala organ tubuh serta memperlancar metabolisme.

3. Makanan Sehat

Untuk makanan, Togar Situmorang yang selalu menang dalam menangani kasus kliennya sangat memilih betul makanan yang ia konsumsi. Ia sangat menghindari gula putih, tepung putih, MSG, dan produk susu. Dia juga anti-kafein dan tak makan makanan yang menyebabkan panas dalam.

Tak hanya itu, Togar juga mengatakan bahwa dirinya tak makan tomat, paprika, jamur, maupun terong. Namun Togar hanya membeli sayuran organik dan yang paling segar.

“Jika bukan organik, saya tak akan mengkonsumsinya. Tomat juga mungkin hanya saya masak sebulan sekali,” ucapnya.

Selain itu, Togar Situmorang juga tak minum soda dan minuman energi. Bahkan sereal, kentang, nasi, dan roti juga pantang dimakan oleh pengacara handal ini.

“Saya makan banyak sayur, mengonsumsi vitamin C dan D, Zinc, banyak protein, dan tak makan makanan manis, tidak makan nasi atau daging apalagi seafood,” ubokap Togar Situmorang.

4. Olahraga Teratur

Seperti dilansir dari kanal YouTube Togar Situmorang terlihat berolah raga dan oleh karena itu, Togar Situmorang memberikan tips olahraga sederhana, yakni olahraga setiap hari walau ringan, dan gym adalah olahraga yang paling Ia gemari sejak usia 27 tahun. Minimal Ia lakukan seminggu 3 kali, selain berenang di setiap hari minggu usai Kebaktian Minggu pagi.

“Yang penting adalah bergerak olah tubuh gerak ringan,” kata Togar Situmorang.

5. Tidur/istirahat yang cukup

Jika empat hal di atas telah dilakukan, maka hal terakhir yang wajib dilakukan adalah tidur. Tidur yang cukup setiap hari bakal membuat tubuh bugar. Hal inilah yang juga dilakukan “Panglima hukum” Togar Situmorang.

Disiplin menjaga kesehatan menjadi keharusan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Asupan makanan bergizi dan berolahraga menjadi kunci menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh.

Melihat pandemi yang belum berakhir, Togar Situmorang juga berpesan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di semua aktivitasnya.

“Pakailah masker dan jaga jarak tetap harus dilakukan, juga harus sering-sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” tutup CEO & Founder Law Firm “TOGAR SITUMORANG“ ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *