Sampaikan Hari Idul Fitri 1441 Hijriyah, Togar Situmorang: “Momentum jalankan ajaran Allah rajut kasih sayang dan empati kepada sesama”

Sampaikan Hari Idul Fitri 1441 Hijriyah, Togar Situmorang: “Momentum jalankan ajaran Allah rajut kasih sayang dan empati kepada sesama”

Tepat pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020 umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Idul Fitri memiliki arti penting bagi umat Islam. Pada hari tersebut, umat muslim merayakan usainya puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

“Namun perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelum-belumnya. Sebab seperti yang kita ketahui bangsa sedang dalam pandemi covid-19. Mari kita berdamai dengan covid-19 dengan standar kesehatan dari pemerintah menuju kehidupan new normal. Prihatin walau yang biasanya masyarakat bisa mudik ke kampung halaman, bersilaturahmi ke sanak keluarga maupun melakukan sholat berjamaah waktu lebaran tapi tahun ini tidak bisa karena corona”, ungkap advokat kondang Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., Sabtu (23/05/2020) di Denpasar.

Togar Situmorang mengatakan, Idul Fitri ditengah pandemi menjadi momentum bagi umat Islam untuk menunjukkan karakter taqwa yang sesungguhnya. Karakter taqwa yang muncul dalam bentuk kesalehan sosial yang merupakan ekspresi dari kepatuhan menjalankan ajaran Allah untuk merajut kasih sayang, empati, dan kepedulian kepada sesama umat manusia sehingga Islam dan umat Islam menjadi rahmat bagi semesta.

“Wabah ini harus menjadikan pribadi muslim menjalani hidup sesuai nilai dan etika sosial yang diajarkan agama. Saling menolong, gotong royong, silaturahim dalam arti mengenal lebih dekat kesulitan saudara-saudara kita, serta saling menguatkan dan memberi dukungan. Inilah momentum untuk menghadirkan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat, bangsa, dan negara”, ujar advokat yang dijukuki ‘Panglima Hukum’ ini.

Wabah ini kata Togar Situmorang, harus mentransformasi kesadaran bahwa di luar takdir atau kehendak Allah untuk menguji hamba-Nya, melalui wabah ini Allah SWT menginginkan agar seluruh umat manusia mengukuhkan kebersamaan serta memperkuat persatuan dan kesatuan untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan.

“Dalam keterbatasan gerak sosial akibat kebijakan social dan physical distancing, kita justru semakin dekat dalam perasaan senasib dan sepenanggungan. Tumbuh kesadaran dalam diri untuk patuh dan taat aturan karena kita butuh untuk saling menjaga agar tidak tertular atau menularkan virus”, ucap advokat yang dikenal punya jiwa sosial yang tinggi karena banyak membantu kasus hukum secara gratis bagi masyarakat yang tidak punya biaya.

Makna Idul Fitri juga dapat digambarkan sebagai kembalinya seseorang kepada keadaan suci, atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah.

“Kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan” Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin”, tutup Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon (kantor pusat) dan cabang Denpasar, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, dan cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Room 1003-1004, Jakarta Selatan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *