Selain Legong Binoh, Ini Daftar Warisan Budaya yang diusulkan Pemkot ke WBTB Indonesia Tahun 2019

Selain Legong Binoh, Ini Daftar Warisan Budaya yang diusulkan Pemkot ke WBTB Indonesia Tahun 2019

Pemkot Denpasar mengusulkan 4 (empat) warisan budaya ke Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia tahun 2019.

Untuk melindungi, mempertahankan dan melestarikan kesenian Bali yang merupakan warisan budaya leluhur, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebudayaan mengusulkan 4 (empat) kebudayaan agar dapat ditetapkan kedalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia tahun 2019. Ke-4 usulan warisan budaya itu adalah Tradisi Ngaro di Banjar Madura Intaran Sanur yang diusulkan kedalam kategori adat istiadat, ritus dan perayaan. Kemudian Tari Janger Kedaton Sumerta dan Pegok yang diusulkan kedalam kategori seni pertunjukan. Tari Legong Binoh diusulkan dalam kategori seni pertunjukan serta Sate Renteng diusulkan dalam kategori kemahiran tradisional, ritus dan kuliner.

Salah seorang Tim Cagar Budaya Kota Denpasar, Yudhu Wasudewa, Minggu (27/1), menjelaskan Dinas kebudayaan Kota Denpasar terus berkomitmen untuk mendata dan melindungi kebudayaan yang ada di Kota Denpasar. “Selain melaksanakan pendataan, usulan sebagai WBTB Indonesia juga penting sebagai salah satu bentuk inventarisasi kebudayaan”, katanya.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram mengatakan usulan pendaftaran WBTB Indonesia ini guna mendorong masyarakat untuk lebih tertarik dan sadar ikut serta dalam melestarikan kebudayaan. Jika telah terdaftar di WBTB, maka kebudayaan di Denpasar selain tercatat di portal daerah juga tercatat dalam portal nasional yang tujuannya untuk menghindari klaim dari negara lain.

“Semoga keempatnya dapat ditetapkan sebagai WBTB Nasional tahun 2019, dan Denpasar dapat tetap eksis di tingkat nasional bahkan di dunia melalui warisan budaya baik itu tengible maupun intengible”, ujarnya sembari menambahkan sebagai kota yang berwawasan budaya maka menjadi kewajiban kita untuk melindungi dan menjaga keberadaan warisan budaya di Kota Denpasar.

Usulan empat kebudayaan ini juga merupakan tindaklanjut dari kesuksesan Kota Denpasar yang telah berhasil memasukkan empat kebudayaan ke WBTB tahun 2018. Keempat warisan budaya itu adalah Ngerebong, Bas Merah, Baris Cina dan Baris Wayang. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *